Senin One Piece

Review Manga: One Piece Chapter 990

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 19:15 WIB
One Piece chapter 990 lebih banyak bercerita soal nasib para Tobiroppo yang diminta mencari keberadaan Yamato, sementara penyamaran Drake X terbongkar. Ilustrasi. (CNN Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia --

One Piece chapter 990 lebih banyak bercerita soal nasib para Tobiroppo yang sebelumnya diminta mencari keberadaan Yamato.

Sasaki yang pada chapter 982 diborgol di sebuah pohon oleh Kyoshiro alias Denjiro akhirnya berhasil meloloskan diri. Dia bebas setelah pohon tempat dia diborgol terbelah berkat kekuatan Charlotte Linlin alias Big Mom.

Di salah satu panel, Sasaki pun menyebut bahwa pohon yang tumbang itu keramat. Namun, tak dijelaskan lebih lanjut alasan pohon tersebut disebut keramat.


Adegan langsung pindah ke adu argumen antara King dan Queen. King menyindir Queen yang tak becus mengendalikan penjara Udon sehingga para tawanan di sana bisa kabur dan ikut dalam pemberontakan di Onigashima.

King lantas menghubungi seluruh anggota Tobiroppo untuk berhenti mencari Yamato dan mengalihkan fokus pada aliansi bajak laut dan samurai pemberontak.

King mengatakan bahwa Tobiroppo harus melindungi Kaidou dengan cara menghalau usaha Bajak Laut Topi Jerami yang mau menuju lokasi pertarungan antara Kaidou dan Nine Red Scabbards.

Who's Who, Sasaki, dan Black Maria tampak tak masalah dengan perubahan perintah tersebut, sedangkan Ulti memaki King yang dianggap tak menepati janji.

Setelah King menutup komunikasi, Who's Who menghampiri X Drake yang sedang satu ruangan dengan Basil Hawkins.

Who's Who meminta Drake ikut bersamanya untuk mengalahkan salah satu All-Star yang sudah lama dia incar, yaitu Queen.

Penyamaran X Drake Terbongkar

Drake awalnya menolak terlibat dalam konflik antara Who's Who dan Queen. Namun, tampaknya rencana eksekusi terhadap Queen hanya kebohongan untuk membongkar kebohongan lain yang selama ini disembunyikan oleh Drake.

Drake tampak berlutut dengan darah yang mengalir dari kepala setelah dihajar oleh Queen. Who's Who dan Basil Hawkins yang berada di lokasi sama sekali tak membantu Drake yang tampak sudah kewalahan.

Who's Who mengatakan bahwa dia mendapat informasi bahwa Drake adalah orang yang telah membebaskan Trafalgar Law saat kapten Heart Pirates itu ditangkap dan di penjara di Flowers Capital.

Kemungkinan besar orang yang memberi tahu informasi itu adalah Basil Hawkins. Saat Law dibebaskan, dia sempat berkelahi dan mengalahkan Hawkins.

Momen pembebasan Law diceritakan di One Piece chapter 954 dan saat itu sosok yang membebaskan Law hanya diperlihatkan siluet kakinya saja.

Namun, memang sudah banyak yang menduga bahwa sosok tersebut adalah Drake. Pada One Piece chapter 956, Eiichiro Oda membocorkan identitas asli Drake.

Ilustrasi Komik One PieceIlustrasi. (CNN Indonesia)

Drake yang saat itu digambarkan sedang menghubungi Coby diperkenalkan sebagai anggota unit SWORD yang berada dalam naungan Angkatan Laut.

Mundur jauh ke saat pertama kali diperkenalkan di dunia One Piece sebagai salah satu Supernova, yaitu pada chapter 498, Drake disebut sebagai mantan anggota Angkatan Laut yang pindah haluan untuk menjadi bajak laut.

Ternyata, informasi 12 tahun lalu itu adalah kisi-kisi bahwa Drake memang anggota Angkatan Laut yang menyamar menjadi bajak laut hingga akhirnya berhasil menyusup ke Beast Pirates pimpinan Kaidou.

Meski tindakannya membebaskan Law sudah ketahuan, baik Queen, King, maupun Hawkins tampaknya belum tahu mengenai status Drake sebagai anggota Angkatan Laut.

Itu mengacu pada perkataan mereka semua yang mempertanyakan Drake beraksi seorang diri atau bagian dari organisasi lain.

Queen berencana untuk menyiksa Drake sampai dia mengaku. Namun, Drake berkukuh bahwa dia tak akan membocorkan jati dirinya meski harus mati.

Dengan menggunakan sebuah ledakan, Drake melarikan diri dari kepungan Who's Who, Queen, dan Hawkins untuk mencari bantuan.

Pertarungan Kaidou dan Nine Red Scabbards Berlanjut

Chapter 990 juga sedikit memperlihatkan perkembangan pertarungan antara Kaidou dan Nine Red Scabbards, serta Bajak Laut Topi Jerami yang melawan dua anggota Numbers.

Prajurit Suku Mink masih sibuk bertarung dengan Jack, satu anggota Numbers, dan personel Beast Pirates yang melindungi Kaidou.

Sementara itu,Kin'emon dkk menunggu kesempatan untuk bisa menyerangKaidou yang masih siap siaga dalam bentuk naganya.

Kaido (anime One Piece)Kaidou. (Toei Animation via Imdb)

Saat prajurit Suku Mink tampak kewalahan menghadapi Jack, Kin sudah siap untuk menghunuskan pedangnya.

Namun, tindakan itu ditahan oleh Nekomamushi dan Inuarashi yang sudah dalam mode Sulong meski penampakannya masih belum diperlihatkan secara jelas. Inuarashi dan Nekomamushi mengatakan bahwa Jack urusan mereka dan pasukan Suku Mink.

Itu juga seakan menjadi sebuah pernyataan agar Kin dan anggota Nine Red Scabbards lain tak perlu membuang tenaga hanya untuk menghadapi Jack dan lebih baik bersiap untuk menghadapi Kaidou.

Luffy vs Dua Numbers

Sementara itu, Luffy dkk tampak tidak kesulitan untuk menghadapi dua Numbers, Goki dan Juki. Tindakan para samurai pemberontak yang mau membuka jalan bagi Bajak Laut Topi Jerami pun diabaikan.

Zoro langsung menebas palu gada yang dipegang Goki, Jinbei menangkap satu bagian palu yang hampir menimpa para samurai, dan Luffy menggunakan Gear 4 Bounce-Man untuk memukul jatuh Goki.

Momen ini mengingatkan Luffy dengan kejadian saat menghadapi Oars. Dia menyebut jika kemampuan mereka sekarang masih sama dengan saat itu, maka mereka harus bekerja sama untuk mengalahkan satu orang Numbers.

One Piecedok. Toei AnimationLuffy dkk. (Dok. Toei Animation)

Namun, karena kemampuan seluruh anggota Topi Jerami meningkat setelah berpisah selama dua tahun, maka mengalahkan Numbers yang serupa dengan Oars bukanlah sesuatu yang sulit.

Sosok Luffy dalam mode Bounce-Man pun sedikit mengingatkan Hyogoro pada sosok dewa penjaga (Guardian Deity) atau dikenal dengan sebutan Myoo dalam ajaran Shinto dan agama Buddha.

Dalam ajaran Shinto dan agama Buddha, Myoo disebut berada di peringkat tiga di bawah Buddha dan Bodhisattvas.

Terdapat lima dewa yang masuk kategori The Wisdom King, yaitu Acala, Trailokyavijaya, Kundali, Yamantaka, dan Vajrayaksa. Namun, tidak jelas dewa mana yang disebut Hyogoro memiliki kesamaan dengan sosok Luffy.

Drake Bergabung ke Aliansi Luffy Dkk?

Saat Luffy hendak mengarahkan tinjunya ke arah Goki, Drake tiba-tiba muncul dari bagian atas kastil Onigashima.

Ledakan yang digunakan untuk kabur dari kepungan Who's Who, Queen, dan Hawkins membuat tubuh Drake terlempar keluar kastil dan dia langsung dihadapkan dengan situasi pertarungan antara Luffy dkk dan dua anggota Numbers.

Jurus Gomu Gomu No Kong Gun Luffy mengenai Goki, sementara Drake melancarkan X Calibur ke arah Juki. Kedua Numbers pun tumbang, dan serangan Luffy ke Goki membuat Drake teringat pada perkataan Coby bahwa Luffy adalah sosok yang luar biasa dan bisa diandalkan di situasi apapun.

Drake lantas berteriak bahwa dia adalah seorang prajurit tunggal dan memohon agar bisa bertarung bersama Luffy demi bisa melarikan diri dari situasi yang mengancamnya.

Permintaan itu hanya ditanggapi dengan "Huh?" oleh Luffy dan One Piece chapter 990 pun berakhir.

(has)