Lee Jong-suk, Aktor Serba Bisa dari Model Hingga Isi OST

CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 13:49 WIB
Pemeran W: Two Worlds Apart, Lee Jong-suk, yang merupakan aktor serba bisa hari ini ulang tahun ke-31. Pemeran drama Korea W Two World Aparts, Le Jong-suk, tetap awet muda meski sudah 31 tahun. (AFP PHOTO/STARNEWS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Korea Lee Jong-suk berulang tahun ke-31 pada Senin (14/9). Para penggemar meramaikan hari ulang tahunnya di media sosial lewat tagar #JongSukDay.

Sebelum menjadi salah satu aktor terkenal di Korea, Lee Jong-suk mengawali karier sebagai model saat masih belia. Pada 2005, ia ikut dalam Seoul Collection yang membuatnya menjadi model pria termuda dalam Seoul Fashion Week.

Sejak saat itu, ia rutin mengikuti fashion show. Lee Jong-suk juga membawa pulang sejumlah piala ketika menjadi model seperti Star of New Advertising Models dalam South Korean Superstar Selection Competition 2005 dan Most Photogenic Award dalam SMART Model Contest 2006.


Setelah itu, Lee Jong-suk sempat menjadi trainee untuk debut sebagai boyband. Namun, hal tersebut tak bertahan lama hingga akhirnya ia keluar dan memutuskan fokus sebagai aktor.

Lee Jong-Suk, Lee Jong SukLee Jong-suk hari ini ulang tahun ke-31. (Screenshot via Instagram/@jongsuk0206)

"Saya bergabung dengan sebuah agensi, mereka menyatakan akan mempersiapkan saya sebagai aktor tapi saya malah berakhir menjadi model. Saya kemudian pindah ke agensi lain dan menjalani trainee sebagai idol. Sekitar tiga bulan, saya keluar lagi," cerita Lee Jong-suk.

"Saat masih SMP, saya menonton drama Full House. Itu tidak membuat saya ingin menjadi aktor. Tapi saya memutuskan untuk menjadi seperti Rain," tuturnya ketika menjadi bintang tamu dalam Entertainment Relay pada 2013.

Rain atau Jung Ji-hoon merupakan aktor sekaligus musisi Korea Selatan. Ketika membintangi Full House bersama Song Hye-kyo pada 2004, ia telah membesarkan namanya sebagai musisi lewat lagu It's Raining.

Oleh sebab itu, ia memberanikan diri mengikuti audisi untuk menjadi aktor di jaringan televisi SBS ketika masih SMP. Lee Jong-suk pun akhirnya debut sebagai aktor pada 2010 melalui serial Prosecutor Princess.

Nama aktor lulusan Universitas Konkuk ini mulai dikenal setelah menjadi pemeran pendukung dalam drama hit Secret Garden. Ia berperan sebagai seorang komposer muda yang tertarik kepada pemeran pendukung lainnya.

Pada 2011, ia kemudian muncul dalam sitkom High Kick 3 yang membuatnya semakin terkenal. Lee Jong-suk akhirnya mendapatkan kesempatan menjadi aktor utama sebuah drama dalam School 2013 bersama Kim Woo-bin, Park Se-young, Jang Na-ra, dan Daniel Choi.

Sukses membintangi itu, ia turut bermain dalam drama hit lainnya setiap tahun seperti i Can Hear Your Voice (2013), Doctor Stranger (2014), Pinocchio (2014-2015), W: Two Worlds Apart (2016), Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo (2016-2017), While You Were Sleeping (2017), dan Romance is a Bonus Book (2019).

Tak hanya itu, aktor serba bisa ini juga mengisi lagu tema untuk drama yang dibintangi, While You Were Sleeping, yakni lewat lagu Come to Me dan Would You Know.

Ia juga membintangi sederet film seperti Soar Into the Sun (2012), The Face Reader (2013), No Breathing (2013), Hot Young Bloods (2014), dan V.I.P (2017).

Kini Lee Jong-suk sedang menjalani wajib militer. Ia memulai masa wamilnya pada 8 Maret 2019 dengan bergabung sebagai petugas pelayanan masyarakat.

Ia tak bisa menjadi tentara aktif karena ligamen anteriornya robek akibat kecelakaan mobil ketika berusia 16 tahun. Ia diperkirakan menyelesaikan wajib militernya pada 2 Januari 2021.

(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]