Aktor Bollywood Klaim Minum Urine Sapi Cegah Covid-19

CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 16:00 WIB
Aktor Bollywood, Akshay Kumar, mengklaim selalu meminum urine sapi setiap hari untuk kesehatan, termasuk mencegah virus corona (Covid-19). Aktor Bollywood, Akshay Kumar, klaim minum urine sapi bisa cegah Covid-19. (AFP/SUJIT JAISWAL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Artis Bollywood, Akshay Kumar, mengklaim selalu meminum urine sapi setiap hari demi kesehatan, termasuk untuk mencegah virus corona (Covid-19).

Belum ada bukti ilmiah mengenai khasiat air kencing sapi tersebut untuk kesehatan dan pengobatan. Namun, sejumlah politikus dari partai sayap kanan nasionalis Hindu mengampanyekan untuk menggunakan kotoran dan urine sapi untuk mencegah dan sembuh dari Covid-19.

Kumar sendiri merupakan salah satu pendukung loyal partai nasionalis Hindu pimpinan Perdana Menteri India, Narendra Modi. Dikutip dari AFP, Narendra Modi sudah menganggarkan hingga jutaan dollar AS untuk melakukan penelitian hasil limbah sapi sehingga menjadi produk obat penyakit mulai diabetes, kanker, hingga Covid-19.


Sementara itu, Kumar pernah mempromosikan penampilannya dalam sebuah program televisi yang dipandu petualang Inggris, Bear Grylls. Dalam acara itu, dia meminum teh yang terbuat dari kotoran gajah di sebuah cagar alam di India.

Warga memandikan sapi seusai berlaga saat perhelatan Pacu Jawi di Nagari Labuh, Limo Kaum, Tanah Datar, Sumatra Barat, Sabtu (25/3). ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/17.Foto ilustrasi. Sapi diyakini suci di India. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki)

"Saya terlalu bersemangat untuk khawatir. Saya meminum urine sapi karena pertimbangan [di ajaran] ayurvedic sehingga tidak masalah," kata Kumar dalam akun Twitter.

Ayurvedic merupakan sistem pengobatan alternatif yang mengakar pada nilai-nilai historis di India.

Umat Hindu memang percaya bahwa sapi merupakan makhluk suci dan meminum urinenya bisa menjadi obat dan berkhasiat untuk kesehatan.

Sejauh ini sudah 4,6 juta orang di India positif Covid-19. Total 76 ribu orang meninggal akibat virus tersebut.

Di tengah situasi ini, Modi membentuk kementerian khusus ayurveda dan yoga. Orang nomor satu di India itu bahkan pernah menyatakan berlatih yoga bisa membantu membentuk tameng untuk mencegah Covid-19.

(tim/has)

[Gambas:Video CNN]