Rayakan 12 Tahun Debut, IU Gelar Mini Konser Gratis

CNN Indonesia | Rabu, 16/09/2020 20:40 WIB
Musisi IU akan menggelar mini konser yang bisa disaksikan gratis oleh penggemar pada akhir pekan ini. Musisi IU akan menggelar mini konser yang bisa disaksikan gratis oleh penggemar pada akhir pekan ini. (dok. 1theK via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi IU akan menggelar mini konser yang bisa disaksikan gratis oleh penggemar pada akhir pekan ini. Mini konser tersebut untuk memperingati debut di industri musik Korea Selatan 12 tahun yang lalu.

Mini konser tersebut akan diselenggarakan dalam acara musik Yoo Hee-yeol Sketchbook yang tayang di KBS pada 18 September. Tim produksi mengatakan acara tersebut sengaja disiapkan untuk perayaan hari debut IU sehingga tak ada musisi lain yang bakal menjadi bintang tamu saat itu.

"Acara itu akan menampilkan mini konser spesial dari IU. Ia sudah tak sabar meramaikan panggung dengan lagu-lagunya," kata tim produksi seperti dilansir Star News via Naver.


Jelang penyelenggaraan konser, IU beserta staf juga meminta penggemar memberi tahu lagu dan kisah-kisah yang ingin didengar saat konser.

Tim produksi mengungkapkan IU telah menyelesaikan rekaman 13 lagu selama 14 jam untuk penampilan pada 18 September. Beberapa lagu hit seperti Good Day, BBIBBI, Blueming, dan Eight bisa dinikmati penggemar dalam acara itu. 

IU resmi debut sebagai penyanyi ketika berusia 15 tahun pada 18 September 2008 dalam acara musik M Countdown lewat single Lost Child. Ia kemudian merilis mini album perdana, Lost and Found pada 24 September 2008.

Berkat album tersebut, IU ditetapkan sebagai Rookie of the Month oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Wisata Korea Selatan pada November 2008. Namun, album tersebut tak begitu laku di pasaran.

Namanya mulai semakin dikenal ketika merilis Marshmallow yang menjadi lagu utama dalam mini album kedua, IU...IM pada akhir 2009. Di tahun yang sama, ia juga sudah mengisi soundtrack drama Strike Love dan Queen Seondeok.

IU juga mulai tampil dalam sejumlah acara variety seperti Star Golden Bell, Kim Jung-eun's Chocolate dan Yoo Hee Yeol's Sketchbook. Ia juga menjadi bintang tamu tetap dalam sederet program radio mulai dari Kiss the Radio sampai Starry Night MBC.

Pada 2010, karier IU semakin menanjak hingga kini. Ia merilis Nagging bersama Lim Seul-ong 2AM, Good Day, bergabung dalam acara variety Heroes, kemudian debut sebagai aktris dalam drama remaja hit Dream High. Ia juga merilis Someday sebagai salah satu lagu tema drama tersebut.

Sejak debut, IU sudah membawa pulang lima piala Daesang atau yang juga dikenal sebagai hadiah utama, dari berbagai ajang penghargaan musik Korea. Tiga piala berasal dari Melon Music Awards.

Pada 2015, ia juga diberikan penghargaan Pop Culture & Arts Awards oleh Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Wisata Korea karena pengaruh dan kesuksesannya di industri musik.

[Gambas:Youtube]




Penyanyi bernama lengkap Lee Ji-eun turut aktif bermain drama. Ia membintangi You are the Best (2013), Bel Ami (2013), The Producers (2015), dan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2015) yang diharapkan banyak penggemar berlanjut ke musim kedua.

IU juga membintangi drama My Mister (2018) bersama Lee Sun-kyun, mini drama original Netflix, Persona (2019), serta Hotel del Luna (2019).

Musisi ini tak hanya dikenal melalui kemampuan akting dan keindahan suaranya. IU juga dikenal lewat kedermawanannya. Ia tak pernah absen berdonasi untuk anak-anak kurang mampu, memberikan beasiswa untuk sekolahnya, bagi orang terdampak Covid-19, dan masih banyak lagi.

Ia sempat masuk Heroes of Philanthropy Forbes Asia 2019. IU juga rutin diberi label masyarakat terbaik oleh pemerintah karena rutin membayar pajak. Sejak Februari 2012, IU juga menjadi duta Kepolisian Nasional Korea untuk kampanye anti perundungan di sekolah.

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]