Pemenang Kulit Hitam di Emmy 2020 Terbanyak dalam Sejarah

CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 19:05 WIB
Sebanyak 11 artis kulit hitam meraih piala Emmy Awards 2020, terbanyak sepanjang sejarah penghargaan pertelivisian bergengsi di AS tersebut. Zendaya, salah satu aktris kulit hitam yang mendapatkan piala di Emmy Awards 2020. (The Television Academy and ABC Entertainment via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Emmy Awards 2020 disebut-sebut sebagai momen penting bagi keberagaman di dunia hiburan Amerika Serikat setelah 11 artis kulit hitam meraih piala pada Minggu (20/9), terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan acara penghargaan tersebut.

Para artis kulit hitam yang meraih trofi Emmy Awards 2020 di antaranya, Zendaya (Euphoria), Regina King (Watchmen), serta RuPaul (RuPaul's Drag Race).

Maya Rudolph (Big Mouth, Saturday Night Live) juga kembali memenangkan piala Emmy. Ron dan Jasmine Cephas Jones pada tahun ini menjadi duo ayah-anak pertama yang memenangkan piala akting di bersamaan untuk karya mereka masing-masing, This Is Us dan #FreeRayshaw.


Selain itu, Eddie Murphy membawa pulang Emmy pertamanya berkat penampilannya sebagai pembawa acara Saturday Night Live (SNL).

Sementara itu, Laurence Fishburne (#FreeRayshawn), Uzo Aduba (Mrs. America), dan Yahya Abdul-Mateen II (Watchmen) memenangkan kategori masing-masing, yakni Supporting Actor dan Supporting Actress in a Limited Series or Movie.

Dalam acara tersebut, Anthony Anderson naik ke atas panggung dan menyinggung mengenai The Blackest Emmys sebelum mempersembahkan piala Outstanding Limited Series bagi serial Watchmen.

"Kalian tidak bisa menangani seberapa hitam ini nantinya. Black Lives Matter. Kami melakukan yang terbaik untuk melindungi kehidupan orang kulit hitam," kata Anthony Anderson seperti dilansir ET.

Anderson melontarkan pernyataan itu berdasarkan fakta bahwa artis kulit hitam dinominasikan untuk penghargaan setiap kategori akting, suara ,dan pembawa acara. Sejumlah artis lain, termasuk Jeremy Pope, pun menyambut momen bersejarah ini.

"Saya bangga melihat begitu banyak artis kulit hitam dinominasikan tahun ini. Ini memberi saya harapan bahwa perubahan sistemik dalam industri hiburan kita tidak hanya mungkin, tetapi juga akan terjadi," kata Pope.

Sebelumnya, rekor pemenang artis kulit hitam terbanyak tercatat pada 2018 dengan jumlah delapan orang.

[Gambas:Youtube]

Kendati demikian, beberapa hal rasial lainnya masih menjadi sorotan dalam Emmy Awards, salah satunya artis asal Asia dan Latin yang kurang terwakili di setiap nominasi dan pemenang tahun ini. Aktris Sandra Oh masih pulang dengan tangan kosong setelah dapat nominasi akting.

Menurut NBC News, artis Asia-Amerika hanya mendapatkan satu persen dari total nominasi tahun ini, turun dua persen dari 2019.

Hal yang sama berlaku terjadi pada komunitas LGBTQ. Secara total, hanya tiga pemain yang terang-terangan LGBTQ, yakni RuPaul, Dan Levy (Schitt's Creek) dan Cherry Jones (Succession), yang menang tahun ini.

(chri/has)