Kreator Ungkap Pembentukan Karakter The School Nurse Files

CNN Indonesia | Sabtu, 26/09/2020 16:54 WIB
Kreator mengungkapkan dasar pembentukan dua karakter utama dalam serial The School Nurse Files. Foto ilustrasi. The School Nurse Files. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kreator mengungkapkan dasar pembentukan dua karakter utama dalam serial The School Nurse Files. Serial ini merupakan hasil adaptasi dari novel School Nurse Ahn Eun-young karya Chung Se-rang yang memenangkan 50th Hankook Ilbo Literary Awards dan 7th Changbi Prize in Novel.

Chung Se-rang mengungkapkan alasan pemilihan perawat sekolah serta guru bahasa Mandarin menjadi profesi dua karakter utama yakni Ahn Eun-young dan Hong In-pyo. Menurutnya, secara kasat mata dua profesi tersebut tidak begitu menonjol di sekolah.

"Seperti perawat, tidak ada yang akan mengunjunginya atau ingat dengan dia. Tapi begitu ada masalah atau terluka, dia orang pertama yang dicari. Perawat itu melambangkan keselamatan," kata Chung Se-ran dalam konferensi pers pada Kamis (24/9).


"Sementara itu, bahasa Mandarin juga sebenarnya bukan pelajaran wajib yang memengaruhi ketika hendak masuk kampus. Tapi itu dibutuhkan juga dalam hidup. Jadi guru bahasa Mandarin di sini sebenarnya merepresentasikan pengetahuan."

Ahn Eun-young (Jung Yu-mi) merupakan perawat sekolah yang mampu melihat makhluk-makhluk ajaib seperti jeli dan monster. Beberapa jeli pada dasarnya tidak berbahaya. Namun, mereka bisa mengancam keselamatan manusia ketika sudah terkontaminasi oleh keinginan tidak baik.

Oleh sebab itu, Ahn Eun-young bertekad menyelamatkan orang-orang di sekitarnya dengan menggunakan kemampuan yang dimiliki dengan alat bantu pedang mainan warna-warni serta pistol mainan.

Sementara itu, Hong In-pyo merupakan guru bahasa Mandarin yang memiliki aura begitu hebat sehingga bisa melindunginya dari banyak bahaya. Aura tersebut ternyata bisa menjadi 'charger' bagi Ahn Eun-young. Ia juga cucu dari pendiri sekolah tempat mereka bekerja.

Sutradara Lee Kyoung-mi mendefinisikan Ahn Eun-young sebagai pahlawan perempuan yang sedang berlatih. Mulai dari pedang mainan hingga pakaian yang digunakan Ahn Eun-young memiliki sejumlah arti.

"Simbol dari prajurit wanita legendaris seperti Dewi Mesopotamia dan sayap Athena ditampilkan melalui pedang pelangi mainan dan pistol plastik. Turtleneck juga selalu digunakan Eun-young untuk menutupi bekas luka akibat melawan jeli," ungkap Lee Kyoung-mi.

Sedangkan gaun perawat Eun-young juga berbeda dari kebanyakan karena terbuat dari vinyl. Hal itu disebabkan gaun tersebut berfungsi sebagai armor untuk melindunginya.

"Eun-young juga selalu menggunakan sepatu kets karena ia tahu situasi bisa membuatnya untuk berlari setiap saat. Pakaian Eun-young mencerminkan hidupnya karena tahu dalam pertempuran yang bisa kapan saja datang," kata sang sutradara.

Ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang terlihat biasa saja bahkan tersembunyi tapi lemari di dalamnya menyimpan banyak jimat serta salib dari seluruh dunia untuk mengisi energi Eun-young.

[Gambas:Youtube]

Begitu pula dengan Hong In-pyo yang selalu memakai celana lebar untuk menyembunyikan disabilitasnya dan cenderung menutup diri supaya terlihat biasa saja di mata orang lain.

Sehingga, melalui dua karakter ini, para kreator ingin menggambarkan karakter yang jadi saling melengkapi satu dengan yang lain. Hubungan unik dari Eun-young dan In-pyo diyakini bisa menghangatkan hati penonton.

"Apabila mereka bertemu dalam situasi yang berbeda mungkin tidak akan bisa dekat seperti di sekolah dan berhadapan dengan jeli. Tapi mereka bertemu di waktu dan tempat yang tepat sehingga bisa mulai saling mengerti kesengsaraan satu dengan yang lain," kata Chung Se-rang.

"Itulah alasan adegan mereka berpegangan tangan sangat penting."

Chung Se-rang berharap melalui dua karakter dan novel yang ia buat, beserta serial The School Nurse Files, orang-orang di luar sana bisa mendapatkan kekuatan termasuk ketika dinilai berbeda oleh orang lain. Ia juga berharap buku dan serial ini bisa mendorong orang untuk semakin memperhatikan dan menyayangi orang lain.

Serial ini memiliki enam episode. The School Nurse Files tayang Jumat (25/9) dan bisa disaksikan di Netflix.

(chr/bac)

[Gambas:Video CNN]