Cannes Film Festival Bakal Buat Acara Spesial 27-29 Oktober

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 02:52 WIB
Setelah batal digelar karena pandemi, Cannes Film Festival akan mengadakan acara spesial selama tiga hari pada Oktober mendatang. Setelah batal digelar karena pandemi, Cannes Film Festival akan mengadakan acara spesial selama tiga hari pada Oktober mendatang. (AFP Photo/Valery Hache)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyelenggara Cannes Film Festival berencana membuat acara spesial selama tiga hari untuk menghormati film yang terpilih masuk 2020 Official Selection, meski acara utama festival film itu batal pada tahun ini.

Diberitakan Variety, acara tersebut akan berlangsung pada 27-29 Oktober mendatang di The Palais des Festival, Cannes, Prancis. Acara itu diagendakan bakal menayangkan empat film dari Official Selection tahun ini.

Bukan hanya itu, acara yang terbuka untuk publik ini juga akan berisi kompetisi film pendek serta film dari Cinefondation. Acara tersebut memiliki hadiah Palme d'Or untuk film pendek.


"Koleksi empat film dari Official Selection, kompetisi film pendek, kompetisi karya sekolah film, serta makan malam dan pertemuan melambangkan kebahagiaan yang akan kita rasakan bersama di Cannes pada bulan Oktober," kata direktur Cannes Film Festival, Thierry Fremaux.

"Film-film dari Official Selection kini diputar kepada penonton di Prancis, di Eropa, dan seluruh penjuru dunia. Ini sinyal luar biasa melihat mereka singgah di Cannes, sebelum kita beralih ke musim 2021," lanjutnya.

Dirancang oleh Komite Kota Cannes, acara tersebut akan dibuka oleh film Un triomphe karya Emmanuel Courcol dan akan ditutup dengan film Les Deux Alfred. Film Asa Ga Kuru dari Jepang karya Naomi Kawase juga akan ditampilkan dalam acara ini.

"Kami sangat senang melihat festival yang diselenggarakan Balai Kota Cannes pada bulan Oktober ini, karena kami sedih tidak menikmati momen yang semestinya pada bulan Mei," kata Presiden Festival de Cannes, Pierre Lescure.

"Kami menginginkan kehadiran Festival de Cannes pada 2020 menjadi simbol perjuangan kami atas nama sektor acara, yang memberikan penghidupan bagi ratusan keluarga, serta dampak budaya bagi kota kami," kata Wali Kota Cannes, David Lisnard, dikutip dari Variety.

Cannes Film Festival 2020 yang semula diagendakan pada Mei terpaksa dibatalkan akibat pandemi Covid-19. Keputusan itu datang setelah upaya memundurkan tanggal pelaksanaan pada Juni atau Juli.

Padahal, Cannes Film Festival merupakan salah satu festival film penting bagi industri perfilman global yaitu ketika distributor film bertemu dengan produsen juga sineas yang akan merilis film terbaru mereka.

Bukan hanya itu, Cannes Film Festival juga menjadi 'pembuka' dari rangkaian festival film bergengsi di dunia, yang sebagian besar dilaksanakan pada musim gugur dan awal tahun mendatang.

(end)

[Gambas:Video CNN]