Mel C Ungkap 'Pil Pahit' Jadi Terkenal karena Spice Girls

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 20:05 WIB
Mel C mengaku bahwa ia menghadapi banyak masalah akibat ketenarannya pada dekade '90-an, mulai dari depresi, gangguan makan, dan tekanan dari media. Mel C mengaku bahwa ia menghadapi banyak masalah akibat ketenarannya pada dekade '90-an, mulai dari depresi, gangguan makan, dan tekanan dari media. (AFP/Roy Rochlin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu mantan anggota Spice Girls, Mel C alias Melanie Chisholm mengungkapkan segala 'pil pahit' yang ia telan usai terkenal berkat girlgroup legendaris tersebut.

Dalam sebuah esai yang ia tulis untuk The Guardian, Mel C mengaku bahwa ia menghadapi banyak masalah akibat ketenarannya pada dekade '90-an, mulai dari depresi, gangguan makan, dan tekanan dari media.

"Fase di bawah dari menjadi terkenal amatlah sulit," kata penyanyi yang kini berusia 46 tahun tersebut. "Saya dulu rapuh, dan tabloid amatlah kejam dan tak punya hati,"


"Mereka mendorong saya ke titik penyakit. Saya berjuang dengan gangguan makan dan menderita depresi. Saya memiliki segala yang saya inginkan, namun amat-amat tak bahagia,"

"Seringkali terlupa, bahwa selebriti itu juga manusia," kata Mel C. "Pada tahap itu, kalian tak akan menyangka akan tekanan yang datang,"

Melanie C mereguk ketenaran seiring dengan Spice Girls yang melejit pada 1996. Ia merupakan satu dari lima anggota asli Spice Girls yang juga mencetak berbagai rekor penjualan album dan musik.

Mel C dikenal akan kekuatan vokalnya yang unik yang membantu Spice Girls cepat dikenal di kancah internasional di usia yang masih 20-an. Namun ketenaran itu nyatanya membuat Mel C mengalami banyak masalah dengan kesehatan mental.

Dalam esai, Mel C menyebut dia dulu selalu menghindar untuk meminta bantuan. Namun ia kini justru menawarkan pendapatnya kepada siapa pun yang pernah menghadapi permasalahan serupa.

"Kalian perlu ke titik ketika kalian siap akan bantuan, amatlah sulit untuk memulai langkah menjadi lebih baik," kata Mel C.

"Orang di sekeliling saya tahu ada yang tak beres, namun saya malu dan tak bisa melihat jalan keluarnya, jadi saya menghindari mereka," lanjutnya.

"Ketika waktunya tiba, itu bergantung pada tenaga profesional. Ingatlah ini: kalian layak atas kehidupan yang lebih baik. Saya terus mengatakan ini kepada saya dan orang lain," kata Mel C dalam esainya.

Dalam esai itu pula, Mel C mengungkapkan perjuangannya kala pandemi sebagai seorang ibu dari Scarlett Starr, anaknya bersama mantan suaminya Thomas Starr.

[Gambas:Youtube]



"Saya pikir saya menangis hari ini," kata Mel C. "Saya melakukan banyak hal dalam satu waktu. Hidup saya kini terus menerus terasa penuh. Menjadi seorang ibu, memiliki karier, menghadapi lockdown,"

"Saya membuat musik sehingga saya bisa keluar dan tampil, dan tak tahu bagaimana atau kapan saya akan mungkin melakukannya lagi membuat saya takut akan masa depan," kata Mel C.

Meski begitu, dikutip dari E!, Melanie C tengah mempersiapkan merilis albumnya sendiri pada 2 Oktober mendatang.

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, Anda disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu. Misalnya saja Komunitas Save Yourselves melalui Instagram @saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis.
(end)

[Gambas:Video CNN]