Kreator Ungkap Beda Bly Manor dan The Haunting of Hill House

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 15:03 WIB
Mike Flanagan mengungkap perbedaan antara serial The Haunting of Hill House dan sekuelnya, The Haunting of Bly Manor. Mike Flanagan mengungkap perbedaan antara serial The Haunting of Hill House dan sekuelnya yang akan tayang dalam waktu dekat, The Haunting of Bly Manor. (Dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mike Flanagan mengungkap perbedaan antara serial The Haunting of Hill House dan sekuelnya yang akan tayang dalam waktu dekat, The Haunting of Bly Manor.

"Yang membedakan Bly Manor adalah intinya yang merupakan kisah cinta. Ini merupakan kisah romansa gothic. Roman gothic menawarkan sesuatu yang benar-benar berbeda, tenggelam dalam misteri dan malapetaka, emosi yang menggairahkan dan juga sifat gelap manusia," kata Mike Flanagan.

Inti cerita tersebut memang berbeda jauh dari The Haunting of Hill House. Serial horor yang dirilis pada 2018 itu menceritakan kehidupan sebuah keluarga kurang harmonis yang berusaha menghapuskan kenangan buruk di rumah lama mereka.


The Haunting of Hill House merupakan hasil adaptasi dari novel horor hit bertajuk serupa karya Shirley Jackson.

Sementara itu, The Haunting of Bly Manor merupakan hasil adaptasi lepas dari novel The Turn of Screw karya Henry James yang terbit pada 1898.

The Haunting of Bly Manor menceritakan seorang pengasuh muda (Victoria Pedretti), pada 1980-an yang disewa seorang pria (Henry Thomas) untuk menjaga keponakannya di perkebunan besar.

Mike Flanagan menyatakan The Turn of Screw memiliki kisah hantu yang begitu kuat dan amat menarik untuk diangkat ke layar kaca sebagai sekuel dari The Haunting of Hill House.

"The Turn of Screw merupakan satu dari beberapa cerita hantu paling berpengaruh yang pernah ditulis. Kesempatan untuk mendalami karya Henry James dan melihat kisah-kisah hantunya menjadi tantangan yang tak bisa ditolak," katanya seperti dilansir Collider.

Perbedaan lainnya adalah Mike Flanagan kali ini tak terlibat di seluruh episode Bly Manor. Sebelumnya, Flanagan menyutradarai seluruh 10 episode The Haunting of Hill House.

[Gambas:Youtube]

Meski terdapat beberapa perbedaan, Flanagan mengatakan penonton juga bisa merasakan persamaan antara The Haunting of Hill House dan Bly Manor.

"Saya selalu ingin bermain banyak dengan hantu sebagai ekspresi dan luka yang kita bawa dalam hidup. Bagaimana masa lalu dan saat ini saling berhubungan dan momen terjatuh tidak seperti domino melainkan seperti konfeti," tuturnya.

"The Haunting of Hill House mengenai keeratan keluarga dan Bly Manor tentang orang asing. Keluarga itu tercipta. Semua orang dalam Bly Manor berasal dari latar belakang yang sangat berbeda dan saling mengenal melalui persahabatan, ketegangan, konflik, dan cinta."

Selain Victoria Pedretti, Oliver Jackson-Cohen (Luke Crain) juga akan menjadi pemeran The Haunting of Hill House yang kembali bermain di The Haunting of Bly Manor.  

The Haunting of Bly Manor tayang 9 Oktober di Netflix.

(chri/has)