Metallica Donasikan Rp3,7 M untuk Tanggulangi Kebakaran AS

CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 20:33 WIB
Band Metallica mendonasikan US$250 ribu atau setara Rp3,7 miliar untuk menanggulangi dampak kebakaran di Amerika Serikat. Band Metallica mendonasikan US$250 ribu atau setara Rp3,7 miliar untuk menanggulangi dampak kebakaran di Amerika Serikat. (AFP/Francois Guillot)
Jakarta, CNN Indonesia --

Band Metallica mendonasikan US$250 ribu atau setara Rp3,7 miliar untuk menanggulangi dampak kebakaran di California dan kawasan West Coast di Amerika Serikat.

NME melaporkan bahwa donasi itu disalurkan melalui yayasan yang didirikan band heavy metal legendaris tersebut, All Within My Hands Foundation (AWMH).

"Kebakaran hutan sudah menjadi kejadian tahunan di California dan tahun ini kita melihat peristiwa itu menyebar secara tragis ke seluruh kawasan west coast," demikian keterangan All Within My Hands Foundation melalui Twitter.


Keterangan itu berlanjut, "AWMH menyumbangkan total US$250 ribu ke 5 yayasan yang berada di garda depan krisis ini."

Melalui pernyataan di situs resminya, AWMH menjelaskan bahwa kelima yayasan tersebut termasuk California Community Foundation, Oregon Community Foundation, dan Community Foundation Santa Cruz County.

Mereka juga akan menyalurkan sebagian dana itu ke North Valley Community Foundation Wildfire Relief and Recovery Fund, dan North Central Washington NCW Fire Relief Fund.

"Kami mengajak kalian bergabung dengan kami untuk mendukung mereka yang membutuhkan dengan mendonasikan uang, makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya, atau menyumbangkan waktu kalian menjadi relawan untuk memberikan tumpangan. Setiap hal kecil akan sangat membantu," tulis AWMH.

Kebakaran lahan di California memang terjadi tiap tahun. Pada 2020, kebakaran kian parah hingga memicu penurunan kualitas udara sampai ke tahap berbahaya.

AWMH sendiri dikenal sebagai yayasan yang aktif memberikan donasi di tengah bencana-bencana besar. Pada awal masa pandemi, Metallica melalui AWMH juga menyumbangkan Rp5,7 miliar ke berbagai yayasan untuk menanggulangi dampak pandemi.

(has/has)