Henry Cavill Buka Suara soal Gugatan Hukum Enola Holmes

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 17:10 WIB
Henry Cavill tak ambil pusing terkait tuntutan hukum atas Netflix terkait karakter Sherlock Holmes yang ia perankan dalam film Enola Holmes. Henry Cavill tak ambil pusing terkait tuntutan hukum atas Netflix terkait karakter Sherlock Holmes yang ia perankan dalam film Enola Holmes. (Dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Henry Cavill tak ambil pusing terkait tuntutan hukum atas Netflix terkait karakter Sherlock Holmes yang ia perankan dalam film Enola Holmes.

"Sejujurnya. Saya tidak terlalu memikirkannya. Saya memerankan karakter yang tertulis dalam naskah. Urusan hukum sudah di luar kapasitas saya," kata Henry Cavill.

Cavill melontarkan pernyataan ini setelah ahli waris penulis cerita Sherlock Holmes, Conan Doyle Estate, menggugat Netflix dengan tuduhan pelanggaran hak cipta dan merek dagang atas Enola Holmes, film yang bercerita tentang saudara perempuan detektif legendaris tersebut.


Gugatan sudah diajukan sejak 23 Juni ke pengadilan federal New Mexico dengan target Netflix, Legendary Pictures, Penguin Random House, termasuk Nancy Springer, penulis seri buku pembentuk dasar film yang dibintangi Henry Cavill bersama Millie Bobby Brown itu.

Dalam gugatan terbaru ini, Doyle Estate mengklaim bahwa ada perbedaan antara cerita domain publik dan yang berada di bawah hak cipta, yaitu emosi karakter Sherlock Holmes.

Mereka menyebut bahwa karakter Sherlock menjadi lebih hangat pada cerita yang dilindungi hak cipta tersebut.

Conan Doyle Estate pun menyebut bahwa pengembangan perasaan juga menjadi sesuatu yang dapat dilindungi oleh hak cipta.

Sisi emosional Sherlock dalam film ini memang cukup terlihat, berbeda dengan Sherlock yang pernah diperlihatkan sebelumnya dalam film atau serial. Dalam film ini, Sherlock terlihat sangat peduli dengan Enola.

Mereka lantas mempertanyakan penggambaran Sherlock di Enola Holmes hasil perkembangan karakter atau bukan. Jika benar, itu berarti jadi bagian produk dari cerita yang dilindungi hak cipta.

Henry Cavill juga enggan berkomentar banyak terkait gugatan atas emosi dan pengembangan perasaan dari karakter yang ia perankan ini.

"Sejujurnya tak ada yang mengejutkan," ucapnya sambil tertawa seperti dilansir GQ.

[Gambas:Youtube]

Enola Holmes sendiri dirilis Netflix pada pekan lalu (23/9). Film tersebut menceritakan seorang gadis yang baru saja berulang tahun ke-16 bernama Enola Holmes (Millie Bobby Brown). Ia mendapati bahwa ibunya (Helena Bonham Carter) menghilang secara misterius.

Sang ibu hanya meninggalkan berbagai hadiah yang aneh. Ibunya tidak memberikan petunjuk apapun mengenai tujuan dan alasan ia pergi.  

Setelah menikmati masa kecil yang penuh keceriaan, kini Enola harus berada di bawah asuhan kedua kakaknya, Sherlock (Henry Cavill) dan Mycroft (Sam Claflin), yang tidak terlalu senang dengan keberadaannya.

Sinopsis lengkap Enola Holmes bisa dibaca di sini.

(chri/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK