Rihanna Dikecam karena Pakai Hadis untuk Peragaan Busana

CNN Indonesia | Selasa, 06/10/2020 07:20 WIB
Rihanna menuai kritik karena memakai lagu yang mengandung narasi dari hadis Islam dalam peragaan busananya, Savage X Fenty, pada akhir pekan lalu. Rihanna menuai kritik karena memakai lagu yang mengandung narasi dari hadis Islam dalam peragaan busananya, Savage X Fenty, pada akhir pekan lalu. (Kevin Winter/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktris dan penyanyi Rihanna menuai kritik karena memakai lagu yang mengandung narasi dari hadis Islam dalam peragaan busananya, Savage X Fenty, pada akhir pekan lalu.

Gelombang kritik ini mengalir setelah sejumlah video dari peragaan busana itu tersebar di jejaring sosial usai acara tersebut rampung pada Jumat (2/10) lalu.

Dalam sejumlah rekaman, terdengar lagu bertajuk Doom berkumandang untuk mengiringi Rico Nasty berlenggok di atas pentas.


Lagu karya produser asal London, Coucoou Chloe, tersebut menyuguhkan audio remix dari satu hadis mengenai pertanda hari penghakiman dan kiamat.

Setelah video-video itu tersebar, para warganet Muslim langsung berang. Mereka mengatakan bahwa hadis itu sangat penting dalam ajaran agama Islam.

"Saya rasa Islamofobia sudah menjadi sesuatu yang normal jika orang mulai menyebut kami dramatis karena agama kami tak dihormati. Hadis adalah sabda suci yang membimbing Muslim dan sama pentingnya dengan Alquran. Rihanna seharusnya tahu itu," ujar salah satu warganet yang dikutip NME.

Masih senada, warganet lainnya berkata, "Rihanna, mengapa etikamu begitu buruk dan apa-apaan ini? Anda menghina hadis. Di mana otakmu? Kami Muslim sangat marah dan kecewa. Alquran dan hadis adalah pembimbing Muslim. Mengapa Anda seperti ini?"

Sementara itu, warganet lainnya menyoroti Rihanna yang selama ini mengedepankan inklusi dalam tiap karya dan acaranya.

"Acara Rihanna ini seharusnya menjadi lambang inklusi, tapi dia malah benar-benar mengasingkan komunitas Muslim dan menghina hadis. Ini merupakan contoh nyata bagaimana merek fesyen dan media tak pernah menganggap kami sebagai audiensnya," kata warganet itu.

Netizen lainnya lantas membahas Rihanna yang pernah menggunakan model berhijab untuk kampanye merek kosmetiknya, Fenty Beauty.

"Menjijikkan sekali Rihanna dan timnya menggunakan model berhijab di kampanye Fenty, tapi tak punya waktu untuk benar-benar mengedukasi diri mereka sendiri mengenai agama," katanya.

Rihanna sendiri belum memberikan komentar terkait kisruh ini. Belakangan, ia sedang sibuk mempersiapkan materi untuk album barunya. Kini, ia sedang dalam tahap pendalaman konsep album.

"Apa yang sedang saya rasakan secara personal? Apa yang ingin saya sampaikan sebagai seniman? Bagaimana saya ingin memainkan seni saya? Bagaimana saya mau menginterpretasikannya?" ucap Rihanna saat menjelaskan mengenai proses tersebut.

(has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK