Penggemar Kenang Satu Tahun Kepergian Sulli

CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 19:40 WIB
Tepat satu tahun lalu, Sulli ditemukan meninggal dunia. Hari ini, Rabu (14/10), penggemar mengenang kepergian musisi sekaligus aktris muda tersebut. Tepat satu tahun lalu, Sulli ditemukan meninggal dunia. Hari ini, Rabu (14/10), penggemar mengenang kepergian musisi sekaligus aktris muda tersebut. (Cindy Ord/Getty Images for Tory Burch/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tepat satu tahun lalu, Sulli ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Gyeonggi-do, Korea Selatan. Hari ini, Rabu (14/10), para penggemar mengenang kepergian musisi sekaligus aktris muda tersebut melalui jejaring sosial.

"Ini sudah satu tahun. Waktu berjalan begitu cepat," tulis salah satu penggemar

"Kami merindukanmu," tulis para penggemar di media sosial, termasuk di kolom komentar Instagram Sulli yang telah diberi label 'Mengenang (Remembering)'.


Para penggemar juga mengunggah kembali foto-foto Sulli di media sosial disertai beberapa tagar, seperti #Remember_Sulli dan #사랑하는_진리에게_복숭이가 (Untuk Jinri yang dicintai).

Ada pula penggemar yang mengunggah foto Sully ketika masih kecil dan merayakan ulang tahunnya bersama artis-artis SM Entertainment lain.

Sulli debut sebagai aktris cilik pada 2005 melalui drama Ballad of Seodong. Ia kemudian debut sebagai idol dalam girlband f(x) pada 2009 bersama Victoria, Luna, Krystal, dan Amber.

Namun, ia memilih keluar dari f(x) pada 2015 dengan alasan ingin lebih fokus pada akting. Pada 2019, Sulli pernah mengakui alasan di balik meninggalkan f(x) adalah gangguan panik dan kecemasan sosial yang ekstrem.

Selama hidup, Sulli kerap mendapatkan komentar jahat dari warganet, mulai dari cara berpakaian, karier, hingga perjalanan cintanya.

Dalam sejumlah kesempatan, penyanyi bernama lengkap Choi Jin-ri ini juga mengungkapkan kesedihan serta luka yang dirasakan akibat komentar-komentar jahat tersebut.

Hingga pada 14 Oktober 2019, Sulli ditemukan meninggal dunia di kediamannya di Seongnam, Korea Selatan. Polisi menyatakan penyebab kematian Sulli adalah bunuh diri.

Kisah hidup aktris bernama lengkap Choi Jinri ini juga akan diangkat menjadi dokumenter bertajuk Why Were You Uncomfortable With Sulli? yang tayang di MBC.

Masalah depresi jangan dianggap enteng. Jika Anda pernah memikirkan atau merasakan tendensi bunuh diri, mengalami krisis emosional, atau mengenal orang-orang dalam kondisi itu, disarankan menghubungi pihak yang bisa membantu. Misalnya, Komunitas Save Yourselves melalui Instagram @saveyourselves.id, Yayasan Sehat Mental Indonesia melalui akun Line @konseling.online, atau Tim Pijar Psikologi https://pijarpsikologi.org/konsulgratis.
(chri/has)