Mantan Pacar Goo Hara Divonis 1 Tahun Penjara Soal Pelecehan

CNN Indonesia | Kamis, 15/10/2020 20:00 WIB
Mantan pacar Goo Hara dijatuhi vonis satu tahun penjara atas kasus pelecehan dan pemerasan kepada mendiang idol tersebut. Mendiang Goo Hara pernah menjadi korban pelecehan dan pemerasan oleh mantan kekasihnya, Choi Jong-bum. (Photo by str/Dong-A Ilbo/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mahkamah Agung Korea Selatan telah membuat keputusan akhir atas kasus Choi Jong-bum terkait pelecehan dan pemerasan kepada mantan kekasihnya, Goo Hara.

Dalam persidangan yang berlangsung pada Kamis (15/10), Mahkamah Agung memutuskan Choi Jong-bum dihukum satu tahun penjara. Seperti dilansir Chosun via Naver, keputusan tersebut sesuai dengan putusan persidangan bandingnya pada Mei 2020.

Sebelumnya, Choi Jong-bum diduga melanggar undang-undang kasus khusus mengenai hukuman kejahatan seksual, yang meliputi merekam anggota tubuh tanpa persetujuan, penyerangan yang mengakibatkan luka fisik, intimidasi atau pemerasan, pemaksaan, serta penghancuran dan perusakan properti.


Namun, dalam dua persidangan awal, pengadilan menyatakan Choi Jong-bum bersalah untuk hampir semua dakwaan kecuali merekam bagian tubuh tanpa persetujuan. Mereka menyatakan tak ada bukti pengambilan gambar dilakukan tanpa izin Goo Hara.

Dalam persidangan-persidangan sebelumnya, pihak Choi Jong-bum juga terus menyangkal semua tuduhan kecuali penghancuran dan perusakan properti.

Pengacara Jong-bum bahkan sempat mengatakan tim investigasi dan media telah menjebak dengan menyebut terdakwa sebagai 'pelaku' dari penyebaran video asusila dari mantan personel KARA tersebut.

Hingga pada Agustus 2019, pengadilan menjatuhi hukuman satu tahun enam bulan penjara dengan tiga tahun masa percobaan. Namun, pihak Choi Jong-bum mengajukan banding pada Mei 2020 dan mengakui semua dakwaan kecuali merekam bagian tubuh secara ilegal.

Prahara ini diawali dengan Hara yang dilaporkan oleh mantan kekasih atas tuduhan penganiayaan yang kemudian berbuntut video asusila. Masalah menjadi rumit hingga terjadi saling tuding antara Hara dan Jong-bum.

Karena perkara ini, Hara sempat depresi dan mencoba bunuh diri pada Mei 2019. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit dan menjalani perawatan.

Hara sempat pulih bahkan menyapa penggemar melalui akun media sosialnya. Namun, pada November 2019, ia ditemukan meninggal dunia di rumahnya. Polisi menyatakan Hara meninggal karena bunuh diri.

(chri/end)

[Gambas:Video CNN]