Tashoora Soroti Kasus Aparat Salah Tangkap dalam Single Baru

CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2020 20:30 WIB
Tashoora menyoroti masalah aparat salah tangkap dalam single terbaru bertajuk Aparat yang dirilis digital pada hari ini, Jumat (16/10). Tashoora menyoroti masalah aparat salah tangkap dalam single terbaru bertajuk Aparat yang dirilis digital pada hari ini, Jumat (16/10). (Dok. Pribadi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tashoora menyoroti masalah aparat salah tangkap dalam single terbaru bertajuk Aparat yang dirilis digital pada hari ini, Jumat (16/10).

Band asal Yogyakarta tersebut mengumumkan perilisan lagu ini melalui sebuah video promosi di Instagram mereka.

"Kekerasan dan kasus salah tangkap oleh aparat bukan cerita kemarin pagi. Baca, cari tahu dan rapatkan barisan. Lawan, lawan, lawan hari ini atau besok mereka salah tangkap lagi," tulis Tashoora di kolom keterangan.


Lagu ini menyoroti dugaan tindakan aparat yang kerap kali salah menangkap orang. Alih-alih dibebaskan, orang yang ditangkap itu malah disiksa agar mengaku melakukan kesalahan.

Terselip pula pembahasan soal aparat yang kerap menjemput orang dengan alasan dipanggil untuk menjadi saksi suatu kasus, tanpa bukti jelas.

"Kekerasan dan kasus salah tangkap oleh aparat bukan cerita kemarin pagi. Baca, cari tahu, dan rapatkan barisan. Lawan, lawan, lawan hari ini atau besok mereka salah tangkap lagi," tulis Tashoora.

[Gambas:Instagram]

Bila diperhatikan, fokus Aparat serupa dengan karya-karya Tashoora yang kerap mengkritik atau menyoroti suatu kejadian. Ambil contoh lagu Terang, Hitam, dan Agni yang terdapat dalam album Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya.

Dari segi musik, Aparat juga masih sama dengan karya Tashoora sebelumnya. Komposisi lagu mereka padat dengan berbagai alat musik.

Tashoora menjelaskan bahwa seluruh hasil pendapatan dari Aparat akan disalurkan ke Lembaga Bantuan Hukum Jakarta melalui Simpul LBH Jakarta. Uang itu akan digunakan untuk membantu penanganan kasus salah tangkap.

Band ini sendiri terbentuk pada 2016 lalu di Jalan Tasura yang ada di Sleman, Yogyakarta. Nama mereka diambil dari nama jalan tersebut dengan sedikit modifikasi.

Mereka merilis Extended Play (EP) perdana bertajuk Ruang yang direkam secara langsung pada 2018. EP itu berisikan lima lagu bertajuk Tatap, Nista, Sabda, Terang, dan Ruang.

Pada Oktober 2019, Tashoora merilis album perdana bertajuk Hamba Jaring Cahaya, Hamba Bela Gelapnya. Album itu berisikan sembilan lagu, lima di antaranya merupakan aransemen ulang dari EP Ruang.

(adp/has)