Ahmad Dhani Ungkap Salah Paham di Balik Nama Dewa 19

CNN Indonesia | Senin, 19/10/2020 19:13 WIB
Musisi Ahmad Dhani baru-baru ini mengungkap kesalahpahaman di balik sebutan nama band Dewa 19. Ahmad Dhani ungkap soal kesalahpahaman nama Dewa 19. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Ahmad Dhani baru-baru ini mengungkap kesalahpahaman di balik nama band Dewa 19.

Pentolan band asal Surabaya itu mengatakan bahwa sebelum dikenal sebagai Dewa 19, band ini semula hanya bernamakan Dewa saja.

"Dewa itu awalnya ya namanya Dewa saja. 19 itu adalah judul albumnya," kata Dhani di sela-sela mega konser Dewa 19, Minggu (18/10) malam dikutip dari Antara.


Sejak dibentuk pada 1986, Dewa 19 merilis album debut mereka pada 1992.

Album tersebut sebenarnya diberi judul 19, terinspirasi dengan usia para personelnya yang kala itu masih 19 tahun. Namun, karena disandingkan dengan nama Dewa, banyak yang kemudian mengira bahwa judul album itu merupakan Dewa 19, begitu juga nama bandnya.

"Jadi orang-orang mengasosiasikan nama band jadi Dewa 19. Makanya di album kedua ditulis namanya Dewa saja bukan Dewa 19," kata Dhani merujuk pada album 'Format Masa Depan,' yang dirilis dua tahun setelah album debut.

Sebagaimana dilansir Antara, pada album kedua yang bersampul gambar bayi sedang duduk itu, angka 19 di bawah nama Dewa memang tidak ada.

Namun, seiring publik yang telah mengenal band itu dengan sebutan Dewa 19, maka Dhani dan kawan-kawan akhirnya menerima nama itu dan menggunakannya hingga kini.

"Tapi sudah telanjur, ya sudah," ujar Dhani.

Band Dewa dibentuk Dhani bersama kawan-kawannya saat masih duduk SMP 6 Surabaya.

Nama band ini sendiri diambil dari inisial para personel awal mereka yakni Dhani, Erwin, Wawan dan Andra.

Sepanjang kiprahnya, band ini kerap bongkar pasang personel, termasuk dengan Ari Lasso dan Once Mekel yang pernah menempati posisi sebagai vokalis.

Band ini tercatat telah memiliki delapan album studio, empat album kompilasi, serta dua album live.

(agn/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK