XXI Tunda Buka Bioskop di Jakarta meski Kantongi Izin Pemprov

CNN Indonesia | Rabu, 21/10/2020 14:00 WIB
Jaringan bioskop Cinema XXI menunda pembukaan bioskop meski sudah mengantongi izin dari Disparekraf Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jaringan bioskop Cinema XXI menunda pembukaan bioskop meski sudah mengantongi izin dari Disparekraf Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jaringan bioskop Cinema XXI memutuskan untuk menunda pembukaan bioskop meski sudah mengantongi izin dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di tengah pandemi Covid-19.

"Setelah mempelajari dan memperhitungkan lebih lanjut, kami memutuskan untuk menunda pembukaan bioskop kami di wilayah ibu kota," kata Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications and Brand Management Cinema XXI, kepada CNNIndonesia.com, Rabu (21/20).

Ia kemudian menjelaskan bahwa, "Salah satu kendala yang dihadapi adalah keterbatasan film yang akan ditayangkan, baik film Hollywood maupun film nasional."


Sebelumnya, Kepala Seksi Pengawasan Disparekraf Pemprov DKI, Iffan, mengatakan bahwa mereka sudah memberikan izin kepada bioskop untuk kembali buka. Izin itu diberikan di antaranya kepada Cinema XXI, Cinepolis Cinema, dan CGV.

CGV sudah membuka empat bioskop, sementara Cinepolis mengoperasikan kembali lima unit, terhitung mulai hari ini.

Bioskop yang beroperasi harus mematuhi prokol kesehatan dengan ketat, salah satunya pembatasan penonton dengan maksimal 25 persen dari kapasitas reguler.

Meski tak buka di Jakarta, Cinema XXI sudah memulai operasi di beberapa daerah selain Jakarta setelah mendapat izin dan rekomendasi dari pemerintah setempat.

Untuk di Pulau Jawa, Cinema XXI membuka kembali bioskop di Bandung. Di luar Pulau Jawa, Cinema XXI membuka bioskop di Ternate, Jayapura, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang.

Dewinta mengklaim bahwa pihaknya sudah melakukan yang terbaik untuk melakukan protokol kesehatan saat uji coba pembukaan kembali bioskop. Namun, penerapan protokol kesehatan bisa berjalan dengan baik bila penonton juga mematuhi.

"Untuk itu, marilah kita bersama-sama mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan XXI New Habits saat berada di lingkungan bioskop," kata Dewinta.

(adp/has/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK