The Man Standing Next Jadi Perwakilan Korea di Oscar 2021

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 19:31 WIB
The Man Standing Next resmi dipilih untuk mewakili Korea Selatan dalam ajang penghargaan film bergengsi, Oscar 2021. The Man Standing Next resmi dipilih untuk mewakili Korea Selatan dalam ajang penghargaan film bergengsi, Oscar 2021. (Dok. Showbox via KOFIC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah kemenangan besar Parasite, kini The Man Standing Next resmi dipilih untuk mewakili Korea Selatan dalam ajang penghargaan Oscar 2021.

Dewan Perfilman Korea (KOFIC) pada Kamis (21/10) mengumumkan bahwa mereka memilih film thriller politik yang menggambarkan kekuasaan itu sebagai perwakilan Korsel untuk kategori Film Panjang Internasional Terbaik di Academy Awards ke-93.

The Man Standing Next merupakan film yang mengadaptasi cerita pembunuhan Jenderal Park Chung-hee pada 1979. Film itu dibintangi sederet aktor ternama, mulai dari Lee Byung-hun, Kwak Dong-won, Lee Sung-min, serta Lee Hee-joon.


"Lee Byung-hun yang telah diakui di AS memberikan penampilan amat bagus dalam film tersebut," tulis KOFIC dalam keterangan tertulis yang dikutip Korea Herald.

"The Man Standing Next adalah film menarik yang menampilkan sisi gelap dari sejarah Korea Selatan yang kini dikenal dengan pertumbuhan ekonominya yang fenomenal."

Kisah The Man Standing Next bermula ketika Korea sepenuhnya dalam kontrol Presiden Park pada 1970-an. Presiden Park merupakan salah satu tokoh paling kontroversial dalam sejarah modern Korea Selatan.

Kala itu, Kepala Badan Intelijen Korea (KCIA), Kim Gyu-pyeong, menempati posisi kedua tertinggi. Peningkatan ketegangan politik menyebabkan Kim Gyu-pyeong membunuh Presiden Park. Sinopsis The Man Standing Next bisa dibaca di sini.

The Man Standing Next tayang perdana di Korea Selatan pada 22 Januari lalu. Film tersebut menempati posisi pertama box office Korea sepanjang tahun ini dengan penjualan lebih dari 4,75 juta tiket di 1.659 layar.

Film arahan sutradara Woo Min-ho tersebut juga menjadi yang terakhir mendapatkan lebih dari 4 juta penonton sebelum pandemi Covid-19 melanda. Review The Man Standing Next dapat dibaca di sini.

Ajang Academy Awards ke-93 sendiri saat ini dijadwalkan berlangsung pada 25 April 2021.

(chri/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK