Ati Bolong, Persembahan Perdana dari Proyek Solo Rara Sekar

CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 21:30 WIB
Musisi Rara Sekar resmi bersolo karier melalui proyek bernama Hara yang merilis single perdana hasil daur ulang lagu Ati Bolong pada hari ini, Kamis (22/10). Musisi Rara Sekar resmi bersolo karier melalui proyek bernama Hara yang merilis single perdana hasil daur ulang lagu Ati Bolong pada hari ini, Kamis (22/10). (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi Rara Sekar resmi bersolo karier melalui proyek bernama hara yang merilis single perdana hasil daur ulang lagu Ati Bolong pada hari ini, Kamis (22/10).

Rara mengumumkan perilisan tersebut melalui Instagram resmi hara. Melalui akun @musikhara, Rara mengunggah foto sampul single Ati Bolong.

"Ati Bolong adalah sebuah tembang Jawa karya dalang wayang suket kelahiran Tegal, almarhum Ki Slamet Gundono, yang aku nyanyikan dan aransemen ulang," tulis Rara.


Rara mengaku sama sekali tak terpikirkan untuk mengaransemen ulang lagu ini saat pertama kali mendengarnya. Ia sempat berpikir bahwa lagu tersebut terlalu sakral untuk dinyanyikan ulang.

"Namun, keterhubunganku yang dalam- yang tidak bisa dijelaskan- dengan lagu ini terus menerus memanggilku hingga pada akhirnya kuputuskan menjadi lagu pertama hara," demikian kutipan penjelasan Rara.

[Gambas:Instagram]

Rara merilis single ini setelah mengumumkan bahwa ia akan memiliki proyek solo pada Senin (19/10) lalu. Meski merasa tahun 2020 bukan waktu yang tepat untuk melahirkan karya, ia tetap memulai proyek solo di bulan Oktober.

"Hara adalah sebuah ruang untukku bereksperimen dengan berbagai medium yang terus bertumbuh dengan napas kolaborasi," tulis Rara.

Sebelum Hara, Rara dikenal sebagai salah satu personel dari duo bernama Banda Neira. Ia membentuk duo ini bersama Ananda Badudu pada 2012 dan bubar pada 2016.

Pada 2017, Rara tergabung dalam trio bernama Daramuda bersama Danilla Riyadi dan Sandrayati Fay. Pada 2019, mereka merilis album bertajuk Salam Kenal yang berisi tujuh lagu, satu dinyanyikan bersama dan masing-masing personel menyanyikan dua nomor sendiri.

Setelah itu, pada 2 April 2020 mereka merilis album mini atau extended play (EP) bertajuk Pertigaan. EP itu berisi tiga lagu yang bertajuk Sejauh Mata Memandang, Mereka, dan Buka.

Daramuda menyatakan bubar tak lama setelah mereka merilis setelah merilis Pertigaan. Pembubaran itu ditandai dengan perilisan single Selamat Tinggal sebagai cendera mata.

(adp/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK