Netflix Calonkan Chadwick Boseman untuk Aktor Terbaik Oscar

CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 06:58 WIB
Netflix akan mencalonkan Chadwick Boseman dalam bursa Aktor Terbaik di Oscar 2021 berkat perannya dalam film Ma Rainey's Black Bottom. Netflix akan mencalonkan Chadwick Boseman dalam bursa Aktor Terbaik di Oscar 2021 berkat perannya dalam film Ma Rainey's Black Bottom. (Dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Netflix akan mencalonkan Chadwick Boseman dalam bursa Aktor Terbaik di Oscar 2021 berkat perannya dalam film Ma Rainey's Black Bottom yang akan dirilis pada Desember mendatang.

Perusahaan streaming film tersebut mengonfirmasi langsung kabar itu kepada Variety melalui pernyataan resmi pada pekan ini.

Jika pencalonan ini berhasil, Boseman akan menjadi penerima nominasi Aktor Terbaik dengan status sudah meninggal. Sebelumnya, status ini hanya pernah diraih satu kali, yaitu oleh Massimo Troisi pada Oscar 1995 berkat perannya di Il Postino.


Dalam Ma Rainey's Black Bottom, Boseman berperan sebagai Levee, pemain trompet untuk musisi perempuan kulit hitam yang dikenal dengan julukan The Mother of the Blues, Ma Rainey (Viola Davis).

Film ini berpusat pada kisah perjuangan kedua musisi melawan produser kulit putih yang mencoba merebut kendali dalam proses rekaman album terakhir Ma Rainey pada 1927.

Berdasarkan laporan Variety, Netflix juga akan mencalonkan Davis untuk masuk dalam kategori Aktris Terbaik di Oscar 2021.

Jika kampanye untuk Boseman dan Davis berhasil, Oscar 2021 akan mencetak sejarah karena memasukkan dua aktor kulit hitam dari film yang sama di kategori utama. Situasi serupa hanya terjadi sekali, yaitu pada 1985.

Sementara itu, Netflix juga akan mendaftarkan nama aktor lainnya dalam film itu, seperti Glynn Turman, Colman Domingo, Michael Potts, dan Taylour Paige, agar bisa masuk dalam daftar kategori-kategori pemeran pendukung.

[Gambas:Video CNN]

Tak hanya Ma Rainey's Black Bottom, Netflix juga bakal mendaftarkan Boseman dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik untuk perannya di film arahan Spike Lee, Da 5 Bloods.

Jika terwujud, Boseman akan menjadi aktor ketiga yang meraih nominasi dalam kategori Aktor Pendukung Terbaik saat sudah meninggal.

Boseman meninggal dunia pada 28 Agustus lalu setelah berjuang melawan kanker selama beberapa tahun, sembari masih melakukan proses syuting sejumlah film.

Aktor tersebut menyembunyikan penyakitnya agar tetap dapat syuting. Hingga Boseman mengembuskan napas terakhirnya, hanya keluarganya yang tahu keadaan tersebut.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK