10 Film Action yang Dibintangi Iko Uwais

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 15/11/2020 18:10 WIB
Berikut deretan film action yang dibintangi Iko Uwais yang berhasil membawa silat hingga dikenal sampai kancah internasional. Berikut deretan film action yang dibintangi Iko Uwais yang berhasil membawa silat hingga dikenal sampai kancah internasional. (Foto: Mark Davis/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Iko Uwais mulai diperhitungkan di industri film action tanah air setelah banyak membintangi deretan film action skala internasional. Sajian aksi bela diri dan pertarungan yang mematikan, menjadi ciri khas Iko dalam bermain peran.

Aktor laga yang memiliki nama asli Uwais Qorny ini berkecimpung dalam industri film sejak 2009, diawali dengan film Merantau.

Berikut deretan film action yang dibintangi Iko Uwais yang berhasil membawa silat hingga dikenal sampai kancah internasional.


1. Merantau (2009)

[Gambas:Youtube]

Berkisah tentang tradisi merantau yang merupakan proses pencarian jati diri setiap anak laki-laki Minangkabau. Yuda (Iko Uwais) adalah seorang pesilat harimau yang hendak bertolak ke Jakarta, untuk mengadu nasib menjadi guru silat.

Meskipun sang ibu sempat melarangnya merantau, namun Yuda tetap berangkat ke Jakarta meninggalkan ibunya di kampung halaman.

Dalam perjalanannya, Yuda bertemu dengan Erik yang sempat memiliki mimpi yang sama namun gagal. Yuda dihadapkan dengan segerombolan orang yang hendak menculik seorang wanita, sampai akhirnya Yuda harus berususan dengan organisasi mafia besar.


2. The Raid: Redemption (2011)

Iko Uwais, pemeran utama The Raid dan The Raid 2: Berandal.Foto: Dok. Facebook/The Raid
The Raid adalah film action yang dibintangi Iko Uwais dan berperan sebagai lakon utama.  

The Raid Redemption merupakan salah satu film Iko Uwais terbaik. Film ini menceritakan kehidupan sebuah apartemen terlantar yang tak tertembus dan menjadi sarang yang aman bagi gangster, penjahat dan pembunuh bertangan dingin.

Apartemen tersebut dianggap wilayah paling tidak tersentuh oleh para rival gembong narkoba Tama Riyadi yang dibintangi Ray Sahetapy, bahkan perwira kepolisian.

Namun akhirnya tim kepolisian ditugaskan untuk menyerbu bangunan tersebut, dan bentrok pun tidak terbendung antara penghuni apartemen dengan pihak kepolisian.

Tidak hanya Iko Uwais (Rama), sederet aktor papan atas turut meramaikan film The Raid ini. Seperti Joe Taslim (Raka), Yayan Ruhian (Mad Dog), dan masih banyak lagi.

3. Man of Tai Chi (2013)

[Gambas:Youtube]

Man of Tai Chi mengangkat seni bela diri Tiger Chen dalam sebuah pertarungan. Film ini mengisahkan Tiger Chen berusaha menyelamatkan kuil yang merupakan tempat ia berguru.

Kisah bermula dari Sun-Jing Shi (Karen Mok) melakukan penelusuran ke sebuah perusahaan bernama Security System Alliance. Perusahaan ini dicurigai melakukan pertarungan ilegal.

Film ini merupakan debut Keanu Reeves menjadi sutradara, dan menjadi film yang menggunakan dialog dalam 3 bahasa. Film ini diperankan beberapa deretan aktor terkenal seperti Keanu Reeves (Donaka Mark) Tiger Hu Chen (Tiger) Iko Uwais (Gilang Sanjaya) dan masih banyak lagi.


4. The Raid 2 (2014)

Poster The Raid 2: BerandalFoto: Dok Merantau Films
The Raid 2: Berandal adalah film action yang dibintangi Iko Uwais yang merupakan sekuel lanjutan dari The Raid: Redemption. 

Film ini merupakan lanjutan dari sekuel dari The Raid: Redemption. The Raid 2 menceritakan Rama (Iko Uwais) yang berhasil selamat dari pertarungan di markas gembong narkoba pada film pertama.

Rama ditawari Bunawar (Cok Simbara) untuk bergabung sebagai agen pasukan khusus. Sebuah misi pembasmian pejabat polisi yang korup dan komplotan geng dunia kriminal bawah tanah.

The Raid 2 disutradarai oleh Gareth Evans dan tayang perdana di Festival Film Sundance pada 21 Februari 2014, dan tayang serentak di Indonesia dan Amerika Serikat pada 28 Maret 2014.

Jajaran aktor kenamaan turut meramaikan The Raid 2, seperti Arifin Putra (Uco), Tio Pakusadewo (Bangun), Oka Antara (Eka), Cecep Arif Rahman (The Assasin), Yayan Ruhian (Prakoso), dan masih banyak lagi.


5. Star Wars Episode VII - The Force Awakens (2015)

Pemeran Star Wars: Force Awakens asal Indonesia: Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, saat gala premiere di Jakarta (15/12).Foto: Fadli Adzani
Pemeran Star Wars: Force Awakens asal Indonesia: Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman, saat gala premiere di Jakarta (15/12).


Film Star Wars Episode VII menceritakan 30 tahun setelah Death Star kedua hancur, dan Luke Skywalker seorang jedi terakhir yang menghilang.

Jatuhnya kekuasaan Galatic Empire membuat First Order Bangkit. Finn, Rey dan Poe akhirnya bergabung dengan kelompok resistance untuk melakukan sebuah perlawanan.

Film ini merupakan sebuah film berlatar luar angkasa asal Amerika Serikat, yang disutradarai J.J. Abrams. Meski Iko hanya ada di beberapa scene dan berperan sebagai cameo, Iko dinilai sebagai aktor yang diperhitungkan dengan tugas yang diembannya membuat beberapa koreografi bersama Cecep Arif Rahman.

Iko Uwais (Razoo Qin-Fee) tidak sendiri, Yayan Ruhian(Tasu Leech) dan Cecep Arif Rahman( Anggota Kanjiklub) turut berperan sebagai kelompok penjahat yang mengincar Han Solo (Harrison Ford).

6. Headshot (2016)

[Gambas:Youtube]

Headshot adalah film Iko Uwais dan Chelsea Islan. Dalam film ini, Iko menjadi pemeran utama yang berperan sebagai seorang pria amnesia yang tengah dirawat oleh seorang dokter muda, Ailin (Chelsea Islan).

Iko akhirnya terbangung dan tidak dapat mengingat apa-apa akibat luka tembak yang bersarang di kepalanya. Akhirnya Ismael (Iko Uwais) merupakan salah satu anak buah dari mafa yang terkenal kejam Lee (Sunny Pang).

Ailin akhirnya terseret permasalahan dengan mafia, dan diculik oleh gerombolan tersebut. Tidak tinggal diam, Ismael bersikeras untuk membebaskan Ailin dari komplotan penculik.


7. Beyond Skyline (2017)

[Gambas:Youtube]

Film ini disutradarai dan ditulis oleh Liam O'Donnell. Sederet aktor papan atas juga terlibat dalam adu akting, di antaranya Frank Grillo (Mark), Bojana Novakovic (Audrey), Iko Uwais (Sua), Callan Mulvey (Harper), Yayan Ruhian (The Chief), dan lainnya.

Beyond Skyline dirilis pada 15 Desember 2017 di Amerika Serikat. Berawal dari kisah Mark Corley yang merupakan seorang detektif kepolisian Los Angeles. Ia mengunjungi putranya Trent di balik jeruji penjara.

Tren terjerat kasus hukum lantaran perkelahian ketika invasi alien, dan seluruh penduduk kota tersedot ke dalam pesawat ruang angkasa. Iko (Sua) merupakan seorang gerilyawan Laos yang berjuang melawan invasi alien di bumi.


8. Mile 22 (2018)

Mile 22Foto: Dok. STX Entertainment via youtube.com
Mile 22 adalah film action yang dibintangi Iko Uwais sebagai sosok perwira polisi

Mile 22 merupakan film action thriller yang tayang perdana di layer lebar tanah air pada 21 Agustus 2018. Film berdurasi 94 menit ini disutradarai Peter Berg, ditulis oleh Graham Roland dan Lea Carpenter.

Film ini dibintangi beberapa pemeran laga kenamaan seperti Mark Wahlberg (James Silva) Lauren Cohan (Alice Kerr), Iko Uwais (Li Noor) John Malkovich (Bishop), dan beberapa pemain lainnya.

Film ini menceritakan sebuah tim kecil yang terdiri atas agen elite intelijen Amerika, yang dibantu unit komando taktis rahasia. Mereka ditugaskan untuk menyelundupkan seorang perwira polisi bernama Li Noor, yang merupakan seorang informan penting.

Tim khusus ini membawanya sejauh 22 mil dari kedutaan AS ke pesawat militer yang menunggu. Beberapa rencana yang sudah dirancang tidak berjalan sebagaimana mestinya.


9. The Night Come For Us (2018)

[Gambas:Youtube]

Film ini merupakan film orisinal Netflix perdana asal Indonesia, yang dirilis pada 22 September 2018 lalu.

Tidak hanya Iko Uwais, film action ini diramaikan oleh gemerlap aktor kenamaan seperti Joe Taslim, Julia Estelle, Dian Sastrowardoyo, Dimas Anggara, Yayan Ruhian, Abimana Aryasatya, Epy Kusnandar.

Film hasil besutan Timo Tjahjanto ini dinilai berhasil terlebih film ini menuai pujian dari beberapa penonton lokal maupun internasional.

Film ini mengisahkan sindikat kejahatan yang dipimpin oleh Ito (Joe Taslim). Sindikat ini menghadapi kekacauan internal setelah Ito menghilang secara misterius.

Lantas Ito menghadapi sejumlah masalah, mulai dari penguasa perdagangan narkoba yang menagih uang, hingga kawan lamanya Arian (Iko Uwais) yang bergabung dengan kelompok mafia Makau.


10. Triple Threat (2019)

[Gambas:Youtube]

Triple Threat menceritakan kisah Xian (Celina Jade) yang merupakan anak seorang miliuner. Ia menjadi target oleh kelompok pembunuh bayaran beranggotakan Collins (Scott Adkins), Joey (Michael Bisping) dan Devereaux (Michael Jai White).

Berawal dari perseteruan sindikat antar penjahat, ayah Xian juga menyewa kelompok pembunuh bayaran yang beranggotakan orang Asia yaitu Payu (Tony Jaa), Jaka (Iko Uwais) dan Long Fei (Tiger Chen).

Payu dan tim harus mengalahkan pembunuh bayaran rivalnya, sebelum mereka membunuh Xian.

Film ini tayang perdana 20 Maret di bioskop tanah air, dan tayang 24 Maret di Amerika Serikat. Film ini disutradarai oleh Jesse V Johnson serta ditulis oleh Joey O'Bryan, Fangjin Song dan Paul Staheli.

Film berdurasi 96 menit ini mengandung banyak koreografi beladiri khas Asia, tentunya kehebatan Iko dalam pencak silat.

Itulah deretan film action yang diperankan oleh Iko Uwais. Rentetan kehebatan Iko dalam aksi bela diri pencak silat, dinilai menjadi daya jual untuk tetap eksis dalam industri film action internasional.

(cha/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK