Iggy Pop Sambut Nine Inch Nails di Rock & Roll Hall of Fame

CNN Indonesia | Senin, 09/11/2020 10:09 WIB
Musisi legendaris Amerika Serikat, Iggy Pop, menyambut Nine Inch Nails dalam Rock & Roll Hall of Fame dalam acara penganugerahan pada akhir pekan lalu. Musisi legendaris Amerika Serikat, Iggy Pop, menyambut Nine Inch Nails dalam Rock & Roll Hall of Fame dalam acara penganugerahan pada akhir pekan lalu. (AFP/Rich Fury)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musisi legendaris Amerika Serikat, Iggy Pop, menyambut Nine Inch Nails dalam Rock & Roll Hall of Fame dalam acara penganugerahan pada akhir pekan lalu.

Dalam acara virtual di HBO tersebut, Iggy Pop mengenang saat pertama kali ia mendengar Nine Inch Nails dan langsung mencari tahu tentang para personelnya, termasuk sang vokalis, Trent Reznor.

"Siapa orang-orang ini? Saya mencari tahu dan saya melihat wajah-wajah yang seperti Abad 15 di Spanyol. Saya pikir Trent bisa menjadi Zoro. Jika dia hidup di masa itu, saya rasa dia bisa dilukis sebagai Velasquez or El Greco dan sekarang potretnya mungkin sudah digantung di Prado," kata Iggy Pop.


Setelah bergurau, Iggy Pop mulai membahas musik Nine Inch Nails yang ia sandingkan dengan karya-karya dari para musisi legendaris lainnya.

"Mendengarkan musik Nine Inch Nails, yang kerap disebut industrial, saya sebenarnya justru mendengar banyak unsur funk," tutur Iggy Pop.

Ia kemudian menarik contoh dalam lagu Closer. Menurutnya, dasar lagu tersebut seperti karya-karya Stevie Wonder atau George Clinton.

"Namun, di atas itu semua ada proses penghancuran emosional yang menggambarkan potret kesakitan, tekanan, dan ketidakpuasan. Ini merupakan lagu untuk pesta gelap dan sepi yang menggambarkan Amerika di periode tersebut," ucap Iggy Pop seperti dikutip Pitchfork.

Ia kemudian berkata, "Jadi, saya tidak akan menyebutnya industrial, tapi suara industri, ambisi digital."

Selain musik, Iggy Pop juga membahas penampilan-penampilan Nine Inch Nails yang ia anggap sangat berkesan, seperti konser di Forum, Los Angeles. Saat itu, Nine Inch Nails tampil bersama David Bowie.

"Trent berdiri di tengah ruang tersebut, seperti titik gelap di belakang mikrofon. Saya melihat hal serupa tercapai dengan cara berbeda oleh T. Rex di Wembley, Nirvana di Pyramid Club, dan Bob Dylan pada '65. Ini merupakan pencapaian seniman master, mereka hanya ingin terhubung," katanya.

Menutup pidatonya, Iggy Pop berkata, "Mendengarkan Nine Inch Nails terasa seperti mendengarkan kebenaran, jadi semuanya membuat kalian sedikit lebih dekat kepada Tuhan. Sebuah kehormatan bagi saya untuk menyambut Trent Reznor dan Nine Inch Nails ke Rock & Roll Hall of Fame."

[Gambas:Youtube]

Sejak mulai berkiprah di dunia musik pada 1988, Nine Inch Nails sudah menjual 20 juta rekaman dan mendapatkan 13 nominasi Grammy Awards.

Prestasi dan pengaruh Nine Inch Nails di dunia musik diakui berbagai pihak, termasuk majalah Rolling Stone yang memasukkan band tersebut dalam daftar 100 Artis Terbaik Sepanjang Masa.

Karena kesuksesannya, Nine Inch Nails sudah beberapa kali dinominasikan untuk masuk Rock & Roll Hall of Fame, yaitu pada 2014 dan 2015, hingga akhirnya terwujud di tahun 2020.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK