Jadi Aktivis Kulit Hitam, John Boyega Khawatir Karier Hancur

CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 07:00 WIB
Aktor yang dikenal berkat Star Wars, John Boyega, mengaku khawatir kegiatannya sebagai aktivis kulit hitam dapat menghancurkan kariernya di masa depan. Aktor yang dikenal berkat Star Wars, John Boyega, mengaku khawatir kegiatannya sebagai aktivis kulit hitam dapat menghancurkan kariernya di masa depan. (AFP/Tolga Akmen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor yang dikenal berkat perannya di Star Wars, John Boyega, mengaku khawatir kegiatannya sebagai aktivis Black Lives Matter dapat menghancurkan kariernya di masa depan.

Boyega mengutarakan kekhawatiran ini dalam wawancara bersama Radio Times. Saat itu, pembawa acara membahas orasi Boyega di tengah demonstrasi Black Lives Matter beberapa bulan lalu.

Ia lantas bertanya, Boyega pernah merasa khawatir atau tidak akan masa depan kariernya karena kelantangannya dalam bersuara membela kulit hitam.


Boyega menjawab, "Tentu saja. Saya masih sering memikirkan itu."

Aktor keturunan Nigeria itu kemudian menjelaskan bahwa banyak orang menasihatinya agar tak khawatir karena rekam jejaknya di dunia film sudah sangat kuat, apalagi ia sudah ambil bagian dalam waralaba Star Wars.

"Namun, berapa banyak aktor yang kalian tahu pernah masuk waralaba besar? Itu tak lantas berarti menjamin stabilitas sepanjang hidup kalian," katanya seperti dikutip The Guardian.

Aktivisme Boyega mulai jelas terlihat saat ia berorasi dalam demonstrasi Black Lives Matter di London pada Juni lalu, usai kematian seorang warga kulit hitam, George Floyd, di tangan kepolisian Amerika Serikat.

"Kehidupan orang kulit hitam selalu penting. Kita memang penting. Kita selalu berarti. Kita selalu sukses apa pun yang terjadi," ucapnya saat itu.

"Dan ini adalah saat yang tepat. Saya tidak mau menunggu. Saya berbicara kepada kalian dari hati saya. Dengar, saya tidak tahu apakah saya akan punya karier setelah ini, tapi masa bodoh."

Setelah orasi Boyega viral di media sosial, sejumlah sineas memastikan bahwa mereka akan tetap membela sang aktor, termasuk sutradara Star Wars, JJ Abrams.

"Kamu TAHU bahwa selama saya masih bisa bekerja, saya akan selalu memohon agar dapat bekerja dengan kamu. Hormat mendalam dan cinta selalu, temanku," tulis Abrams di Twitter.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK