Penjualan Catur Naik 273 Persen Berkat The Queen's Gambit

CNN Indonesia | Kamis, 12/11/2020 11:14 WIB
eBay mengklaim penjualan catur meningkat berkat popularitas serial The Queen's Gambit yang rilis di layanan streaming Netflix mulai 23 Oktober lalu. Ilustrasi serial The Queen's Gambit. (Arsip Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Situs lelang daring eBay mengklaim penjualan catur meningkat berkat popularitas serial The Queen's Gambit yang rilis di layanan streaming Netflix mulai 23 Oktober lalu.

Sebagaimana dilansir Metro, eBay mengungkap bahwa pencarian permainan papan catur dalam situs itu meningkat 273 persen dalam 10 hari pertama sejak The Queen's Gambit dirilis.

Manajer Kategori Mainan eBay Inggris, Nouman Qureshi, menjelaskan bahwa peningkatan penjualan juga dipengaruhi lockdown di tengah pandemi Covid-19. Kini, kawasan Inggris memang sedang menjalani lockdown jilid dua.


"Kami melihat pembeli beralih ke bentuk hiburan yang lebih tradisional selama lockdown jilid kedua ini. Termasuk peningkatan (penjualan catur)," kata Qureshi.

Ia melanjutkan dengan berkelakar, "Bila terjadi terus seperti ini (banyak yang membeli catur), mungkin kita semua akan menjadi (pemain catur) profesional pada tanggal 2 Desember."

The Queen's Gambit sendiri merupakan serial adaptasi dari novel bertajuk sama karya  Walter Tevis. Novel itu pertama kali terbit pada 1983 dan dirilis ulang tahun 2003 silam.

Novel tersebut mengisahkan seorang anak perempuan bernama Beth Harmon yang tumbuh menjadi pemain catur andal di era 1960-an.

Meski demikian, kehidupan Beth tidak selalu berjalan mulus, tak sebaik yang terlihat orang lain. Ia merupakan pecandu alkohol dan obat-obatan terlarang.

[Gambas:Youtube]

Dalam serial, karakter Beth Harmon diperankan oleh Anya Taylor-Joy. Ia diperlihatkan belajar catur ketika masih berusia 8 tahun dari seorang petugas di panti asuhan tempat dia tinggal, William Scheibel.

Selama tinggal di panti asuhan, ia terbiasa mengonsumsi obat penenang. Setelah mengonsumsi obat tersebut, ia bisa berimajinasi bermain catur. Kelamaan, ia ketergantungan obat penenang.

Dari belajar di ruang bawah tanah di panti asuhan, Harmon mulai mengikuti kompetisi catur, baik lokal maupun internasional.

(adp/has/bac)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK