Sinopsis Friday the 13th, Horor Balas Dendam di Perkemahan

CNN Indonesia | Jumat, 13/11/2020 16:25 WIB
Kepercayaan hari sial tiap tanggal 13 di hari Jumat kerap diangkat ke layar lebar, termasuk di waralaba Friday the 13th. Berikut sinopsis film Friday the 13th. Kepercayaan hari sial tiap tanggal 13 di hari Jumat kerap diangkat ke layar lebar, termasuk di waralaba Friday the 13th. (Dok. Paramount Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari ini bertepatan dengan Jumat tanggal 13 yang kerap dinilai sebagai tanggal sial. Kepercayaan itu juga sudah kerap diangkat ke layar lebar, termasuk di waralaba Friday the 13th. Berikut sinopsis film Friday the 13th.

Film pertama Friday the 13th berawal dengan latar waktu 1958, ketika sekelompok remaja tengah berkemah di Camp Crystal Lake. Ternyata, seorang anak kecil tenggelam di danau dekat tempat kemping tersebut satu tahun sebelumnya.

Berniat untuk bersenang-senang, mereka tak menyadari ancaman besar di sudah di depan mata. Ancaman pertama dihadapi Barry (Willie Adams) dan Claudette (Debra S. Hayes).


Mereka memisahkan diri dari teman-temannya yang sedang berkumpul di api unggun. Keduanya pergi ke sebuah kabin. Ketika di kabin, keduanya malah bertemu seorang pembunuh yang menghabiskan nyawa mereka berdua.

Film berlanjut ke Jumat, 13 Juni 1980. Annie Phillips (Robbi Morgan) memasuki tempat makan kecil dan menanyakan arah ke Camp Crystal Lake. Orang-orang di rumah makan itu bingung dan ketakutan.

Enos (Rex Everhart), seorang sopir tempat makan itu, setuju untuk memberikannya tumpangan karena kebetulan akan melewati lokasi itu. Namun, ia memperingatkan Annie tentang keanehan-keanehan di tempat tersebut.

Ia menceritakan banyak kisah, mulai dari seorang anak lelaki tenggelam di Crystal Lake di 1957, kemudian pembunuhan dua orang yang terjadi setahun setelahnya, hingga kebakaran dan air beracun.

Setelah turun dari mobil itu, Enos mendapatkan tumpangan lagi dari seseorang yang tak begitu jelas terlihat dan berujung menghabisi nyawanya.

Sementara itu, di tempat kamping, beberapa anak muda, yakni Ned (Mark Nelson), Jack (Kevin Bacon), Bill (Harry Crosby), Marcie (Jeannine Taylor), Brenda (Laurie Bartram), dan Alice (Adrienne King) tengah merenovasi fasilitas di sana bersama sang pemilik, Steve Christy (Peter Brouwer).

Ketika malam tiba, mereka satu per satu mulai menghadapi ancaman menyeramkan, sama seperti yang terjadi bertahun-tahun yang lalu.

Hingga akhirnya, Alice bertemu dengan Mrs. Voorhees (Betsy Palmer) yang mengaku bahwa ia adalah ibu dari Jason Voorhees, anak yang tenggelam pada 1957.

Pertemuan tersebut menjadi kunci dari misteri banyak nyawa yang hilang di Camp Crystal Lake selama beberapa dekade. Tak hanya itu, Alice juga mengetahui fakta mengejutkan lainnya yang bisa membahayakan nyawanya.

[Gambas:Video CNN]

Friday the 13th merupakan slasher Amerika yang pertama kali tayang pada 9 Mei 1980 dan menjadi salah satu film legendaris hingga saat ini. Film yang dibuat dengan biaya produksi sekitar US$550 ribu itu meraup untung hingga US$59,8 juta di box office.

Kesuksesan tersebut diikuti dengan sedikit perpecahan pendapat di antara penonton. Film yang mendapatkan rating 64 persen di Rotten Tomatoes ini dinilai memiliki scoring dan sinematografi amat baik.

Namun di sisi lain, banyak pula yang mengkritik film tersebut karena penggambaran jelas adegan kekerasan.

Di sisi lain, kesuksesan box office Friday the 13th menghasilkan serangkaian panjang sekuel, crossover dengan film slasher lainnya seperti A Nightmare on Elm Street, hingga reboot Friday the 13th pada 2009.

(chri/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK