Kepala Patung Dewa Hermes Ditemukan di Bawah Got Athena

CNN Indonesia | Senin, 16/11/2020 14:40 WIB
Pemerintah Athena menemukan kepala patung Dewa Hermes di bawah saluran air yang terletak di pusat ibu kota Yunani tersebut. Pemerintah Athena menemukan kepala patung Dewa Hermes di bawah saluran air yang terletak di pusat ibu kota Yunani tersebut. (Greek Culture Ministry via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Athena menemukan kepala patung Dewa Hermes di bawah saluran air yang terletak di pusat ibu kota Yunani tersebut, pada akhir pekan kemarin.

Menurut pihak Kementerian Kebudayaan Yunani, Minggu (15/1), kepala dewa mitologi Yunani tersebut ditemukan ketika pekerja pekerjaan umum sedang melakukan penggalian got untuk meningkatkan kapasitas sistem pembuangan limbah.

Patung yang terbuat dari batu marmer ini ditemukan petugas di kedalaman 1,3 meter di bawah jalan Aiolou yang padat lalu lintas.


Menurut pernyataan Kementerian Kebudayaan, patung ditemukan masih dalam keadaan yang bagus.

"Patung tersebut menggambarkan wajah seorang dewa di masa dewasa dan dipastikan merupakan bagian dari herm," demikian pernyataan tersebut.

Herm atau Hermas adalah patung, yang pada umumnya merupakan kepala atau kadang bagian tubuh Dewa Hermes, dan biasanya diletakkan di atas kotak persegi serta didirikan di persimpangan jalan sebagai rambu.

Berdasarkan mitologi Yunani, dewa Hermes adalah putra dari Dewa Zeus dan merupakan dewa penyampai pesan dan juga melindungi pengembara juga pedagang.

Sementara itu Kementerian Kebudayaan Yunani belum memberikan keterangan lebih lanjut tentang nilai patung yang baru saja mereka temukan.

Patung tersebut kini telah disimpan dalam pusat penyimpanan barang antik.

Penemuan ini turut diunggah oleh Wali Kota Athena, Kostas Bakoyannis, pada Sabtu (15/11) di akun Facebook. Ia mengunggah foto kepala dewa Hermes tersebut dengan menambahkan keterangan "Athena yang Unik".

(AFP, nly/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK