Temuan Mumi Mesir Berlapis Emas Diduga dari Kelas Tajir

CNN Indonesia | Kamis, 19/11/2020 19:36 WIB
Arkeolog telah mengungkapkan semua isi dari temuan 100 mumi Mesir dengan peti disepuh berlapis emas. Temuan 100 mumi Mesir berlapis emas di Saqqara. (AP/Nariman El-Mofty)
Jakarta, CNN Indonesia --

Arkeolog telah mengungkapkan semua isi dari temuan 100 mumi Mesir dengan peti disepuh berlapis emas. Mumi-mumi yang ditemukan pada pertengahan November itu diduga berasal dari kelas tajir dan bangsawan.

Dilansir dari AP 100 mumi Mesir tersebut ditemukan di Saqqara dengan kedalaman 12 meter dari permukaan tanah. Usia temuan mumi mesir itu diperkirakan sekitar 2.500 tahun.

Sekretaris Jenderal Konsul Barang Antik Mesir, Mostafa Waziri mengumumkan telah melakukan pendalaman temuan mumi Mesir tersebut. Mumi-mumi yang ditemukan itu diperkirakan berasal dari kelas tajir dibandingkan mumi yang ditemukan pada Oktober lalu di Saqqara.


"Sekarang kami bisa bicara tentang 100 lebih peti. Kami bisa memperkirakan level atau standar yang dikubur di sini. Mereka sedikit lebih kaya dari yang sebelumnya [temuan mumi pada Oktober]."

"Itu bisa dilihat dari peti-peti yang dicat dengan lapis emas. Mereka mampu membeli itu. Kami menemukan peti yang utuh disepuh dengan emas, dilukis dan dihias sangat indah," terang Waziri.

Bukan hanya peti berisi mumi, sekitar 40 patung berlapis sepuhan emas juga ditemukan para arkeolog di lokasi ekskavasi tersebut.

Para arkeolog mendapati para mumi yang sudah dibuka dari peti dalam kondisi utuh dan dibungkus masih mengenakan pakaian.

Mumi-mumi itu diperlihatkan secara terbuka dalam pameran di Step Pyramid of Djoser yang terkenal di Saqqara.

(AP/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK