Konten, Cara Layanan Streaming Tarik Cuan

CNN Indonesia | Minggu, 22/11/2020 10:58 WIB
Layanan streaming di Indonesia semakin banyak, dan masing-masing memiliki cara menarik pelanggan demi mengeruk cuan. Layanan streaming di Indonesia semakin banyak, dan masing-masing memiliki cara menarik pelanggan demi mengeruk cuan. (Istockphoto/ Tero Vesalainen)
Jakarta, CNN Indonesia --

Semakin lama layanan streaming yang menyajikan film dan serial atau konten semakin banyak. Setidaknya dalam waktu tiga tahun belakangan, muncul sejumlah layanan streaming lokal, yaitu Bioskop Online, Go Play, Klik Film, dan MAXstream.

Meski sama-sama menyajikan konten, setiap layanan streaming tersebut memiliki karakter tersendiri. MAXstream misalnya, layanan streaming yang merupakan bagian Telkomsel ini kerap menyajikan konten reality show sebagai andalan.

Hal itu diakui oleh GM Digital Content Creation Telkomsel, Aris Sudewo. Menurutnya, sebagai layanan streaming, MAXstream harus mencari jati diri dan berada di posisi yang tepat di antara pelanggan.


"Itu salah satu tipe konten yang kami kerjakan. Kami pikir yang paling cepat ditonton adalah konten ringan seperti di YouTube, tapi mohon maaf ada beberapa konten yang kurang filter," kata Aris saat wawancara virtual dengan CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, "Kami produksi dengan ambil artis profesional generated content seperti Raffi Ahmad dan Keluarga Halilintar. Itu salah satu metode kami untuk dapatkan crowd yang cepat, mereka sudah punya segmen besar di YouTube atau TV."

Aris menjelaskan bahwa MAXstream menjalin kerja sama dengan rumah produksi RANS Entertainment yang dibentuk oleh pasangan suami istri Raffi dan Nagita Slavina. Dua reality show dari kerja sama tersebut adalah Raffi's Garage dan Nagita's Corner.

Menurutnya, Raffi sebagai sosok yang sering terlihat dari RANS Entertainment bisa menyesuaikan diri agar suatu konten bisa masuk ke berbagai lapisan sosial-ekonomi. Dengan begitu, MAXstream bisa lebih banyak menjaring pelanggan.

"Tapi memang bisa dibilang RANS Entertainment itu strategic partner karena grooming talent banyak di sana. Mereka punya production power, punya massa, dan selalu ada konten. Ketika kami butuh, mereka ada," kata Aris.

Seiring berjalannya waktu konten seperti itu berhasil menarik pelanggan, terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Sampai Agustus lalu MAXstream tercatat memiliki 8,2 juta pengguna, naik lebih dari dua kali lipat dari 2019 dengan 3,5 juta pengguna.

Raffi Ahmad dan Nagita SlavinaMAXstream menjalin kerja sama dengan rumah produksi RANS Entertainment yang dibentuk oleh pasangan suami istri Raffi dan Nagita Slavina. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)

Group CEO Visinema, Angga Dwimas Sasongko, memiliki pandangan yang jauh berbeda dengan Aris. Lewat Bioskop Online ia justru ingin membuat pasar baru dalam industri streaming, bukan berebut dalam ceruk pasar yang sudah ada.

Hal itu terlihat dari berbagai film yang tersaji dalam Bioskop Online yang mayoritas merupakan film-film festival dan film sidestream. Beberapa di antaranya adalah Ziarah, Tengkorak, Turah, Istirahatlah Kata-Kata, dan Nay.

Angga sangat sadar bahwa pasar film-film tersebut tersegmentasi atau bisa disebut sebagai niche market. Namun, ia yakin bahwa bermain dalam niche market bukan suatu masalah, terlebih ia sudah membuktikannya dengan film-film garapan Visinema.

"Bagi kami niche market jauh lebih terjangkau ketimbang mass market. Kami lebih paham produknya dan niche market seperti apa. Kalau kami bisa sentuh mereka, mereka akan cerita ke semua orang yang ada di sekitarnya," kata Angga.

Ia melanjutkan, "Kemudian pada satu titik produk kami akan menjadi mass market, dan itu terjadi karena konsistensi. Kami punya film Keluarga Cemara dan NKCTHI, bisa dapat mass market dan box office dengan pendekatan yang niche."

Bioskop Online sendiri resmi diluncurkan pada Juli lalu, kemudian pada Oktober kemarin merilis konten film orisinal pertama bertajuk Story of Kale: When Someone Love. Sampai saat ini Bioskop Online kurang lebih memiliki 600 ribu pengguna.

MAXStream dan Bioskop Online berbicara soal strategi menarik cuan dalam halaman selanjutnya...

HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK