Sejarah Baru, Perempuan Dominasi Nominasi Rock Grammy 2021

CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 12:56 WIB
Grammy Awards 2021 mencetak sejarah dalam nominasi yang diumumkan Selasa (24/11), salah satunya sapu bersih musisi perempuan di kategori Best Rock Performance. HAIM, salah satu peraih nominasi kategori Best Rock Performance di Grammy Awards 2021. (AFP Photo/Leon Neal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Grammy Awards 2021 mencetak sejumlah sejarah melalui nominasi yang diumumkan pada Selasa (24/11), salah satunya sapu bersih musisi perempuan di kategori Best Rock Performance.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, seluruh nominasi dalam kategori tersebut merupakan musisi perempuan, yaitu Fiona Apple, Big Thief, Phoebe Bridgers, HAIM, Brittany Howard, dan Grace Potter.

Sebagaimana dilansir Vulture, para musisi tersebut memang dianggap pantas mendapat nominasi Best Rock Performance di Grammy Awards 2021. Selain karena memang memiliki karya yang berkualitas, mereka sudah 'punya nama' dalam industri musik internasional.


HAIM pun mengutarakan dari kegembiraan karena perempuan berhasil menguasai satu nominasi Grammy Awards 2021. Melalui akun Instagram resmi, mereka menjelaskan bahwa perempuan membuat musik rock terbaik.

"Kami sudah memberi tahu kalian. Perempuan membuat musik rock terbaik. Selamat untuk semua perempuan," tulis HAIM dalam keterangan unggahan di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Selain itu, ada beberapa kejutan lain dalam nominasi Grammy Awards 2021, salah satu yang paling heboh adalah kehadiran BTS di kategori Best Pop Duo/Group Performance.

Dengan pengumuman ini, BTS mencetak sejarah sebagai boyband Korea Selatan pertama yang masuk nominasi kategori utama Grammy Awards. Mereka pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada basis penggemarnya, ARMY.

"Terima kasih kepada semua yang mendengarkan dan bersimpati dengan musik kami di tengah masa sulit ini. Lebih dari itu, ARMY lah yang mewujudkan keajaiban menjadi nominasi Grammy ini. Terima kasih Recording Academy untuk kehormatan ini," tulis BTS di Twitter.

ARMY pun langsung menyambut antusias. Mereka memang sudah lama menanti idolanya masuk nominasi karena BTS memang sudah tidak asing dengan gelaran Grammy Awards, seperti pada pergelaran tahun lalu.

Selain itu, Harry Styles juga untuk pertama kalinya masuk daftar nominasi Grammy setelah memulai karier solonya pada 2016 lalu.

Tidak tanggung-tanggung, Styles mendapatkan tiga nominasi, yaitu Best Pop Vocal Album untuk Fine Line, Best Pop Solo Performance dengan lagu Watermelon Sugar, dan Best Music Video berkat Adore You.

Aktris Judy Garland juga untuk pertama kalinya mendapatkan nominasi Grammy berkat lagu tema film Judy yang dirilis pada 2019 lalu. Berkat perannya di film Judy, Garland juga meraih trofi Oscar kategori Aktris Terbaik.

Kejutan lain dalam nominasi Grammy Awards 2021 adalah Beautiful Ghosts yang merupakan lagu tema dari film Cats. Menurut Vulture, lagu ini berhasil masuk nominasi Best Song Written for Visual Media meski filmnya banyak mendapat respons negatif.

(adp/has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK