Film tentang Palung Mariana, The Meg hingga DEEPSEA CHALLENGE

CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 17:16 WIB
Sejumlah judul pernah dibuat untuk menggambarkan ekspedisi eksplorasi palung Mariana, mulai dari drama fiksi ilmiah hingga dokumenter. Sejumlah judul pernah dibuat untuk menggambarkan ekspedisi eksplorasi palung Mariana, mulai dari drama fiksi ilmiah hingga dokumenter. (Apelles Entertainment via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebagai lokasi yang dianggap sebagai titik terdalam di Bumi, palung Mariana dikenal masih banyak memiliki misteri yang belum terpecahkan. Serangkaian ekspedisi pun dilakukan untuk menjelajahi lokasi itu.

Termasuk juga film. Sejumlah judul pernah dibuat untuk menggambarkan ekspedisi eksplorasi palung Mariana, mulai dari drama fiksi ilmiah hingga dokumenter.

Berikut sejumlah film soal palung Mariana:


Underwater (2020)

Film tentang ekspedisi bawah laut yang penuh dengan adegan menegangkan tersaji dalam film Underwater. Film ini mengisahkan perjalanan sebuah tim penelitian bawah laut bernama Kepler 822.

Saat Norah Price (Kristen Stewart) dan tim melakukan penelitian di dasar Palung Mariana, mereka menghadapi gempa bumi yang menyebabkan kerusakan di beberapa bagian kapal.

Norah dan tim mencoba berbagai cara agar bisa keluar dari situasi berbahaya itu. Salah satunya dengan mencapai pusat kendali untuk menghubungi tim yang berada di permukaan. Akan tetapi, perjalanan itu tidak begitu saja dapat ditempuh dengan mudah.

Selain harus menghadapi medan yang berat, tim yang terdiri dari 5 orang tersebut harus berhadapan dengan makhluk misterius yang mengintai mereka.

Film Underwater telah tayang di Indonesia pada awal Januari lalu. Film ini disutradarai oleh William Eubank berdasarkan naskah garapan Brian Duffield dan Adam Cozad. Film ini dibintangi oleh Kristen Stewart, Vincent Cassel, Jessica Henwick, John Gallagher, Jr., Mamoudou Athie dan T.J. Miller.

[Gambas:Youtube]



The Meg (2018)

Film fiksi ilmiah tentang misteri Palung Mariana juga hadir dalam film garapan Jon Turteltaub berjudul The Meg. Film keluaran 2018 ini mengisahkan pertarungan sengit antara manusia dan makhluk buas bawah laut.

Jonas Taylor (Jason Statham) merupakan mantan anggota khusus Amerika yang memiliki pengalaman kelam saat berada di bawah laut lantaran harus kehilangan kerabatnya.

Jonas yang telah memutuskan untuk tidak kembali berurusan dengan dunia laut dimintai bantuan oleh James Mack Rides (Cliff Curtis) dan Dr. Minway Zhang (Winston Chao) untuk membantu misi penyelamatan ilmuwan yang terjebak di bawah laut.

Selain Jonas, tim dalam proyek Mana One di bawah pimpinan Dr. Minway Zhang ini turut melibatkan Suyin (Li Bingbing) yang merupakan seorang Oseanografer.

Misi yang seharusnya berjalan dengan mudah berubah menjadi mencekam hingga memakan korban jiwa akibat serangan makhluk buas bernama Carcharodon Megalodon yang tinggal di Palung Mariana.

Tidak ingin misi ini gagal, Jonas dan tim akhirnya berjuang mati-matian untuk melenyapkan makhluk buas tersebut.

Film The Meg diadaptasi dari buku tahun 1997 berjudul Meg: A Novel of Deep Terror karya penulis Steve Alten. Selain menampilkan aksi dari Jason Statham film ini juga dibintangi Li Bingbing, Rainn Wilson, Cliff Curtis dan banyak lagi.

[Gambas:Youtube]



DEEPSEA CHALLENGE

Misteri palung Mariana juga menarik minat sineas kenamaan Hollywood James Cameron. Sutradara film pemenang Oscar tersebut terlibat dalam sebuah film dokumenter ekspedisi di palung Mariana berjudul DEEPSEA CHALLENGE.

Dalam film ini, Cameron menunjukkan keberaniannya melakukan perjalan ke bagian terdalam di lautan bersama tim ahli. Cameron rela mempertaruhkan nyawanya demi mewujudkan salah satu keinginan terbesarnya itu.

Cameron bahkan terlibat langsung dalam misi berbahaya ini, mulai dari perencanaan hingga misi berjalan. Cameron menggunakan sebuah kapal selam canggih dan berhasil mencapai dasar Palung Mariana sekitar 10,9 kilometer di bawah permukaan laut.

Demi mencapai palung laut terdalam di dunia ini, Cameron menghadapi resiko dan tangan yang sangat besar. Film dokumenter yang ditayangkan National Geographic tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasinya terhadap sains dan keberanian manusia yang luar biasa.

[Gambas:Youtube]



Dark Descent (2019)

Ekspedisi dasar laut tentang Palung Mariana juga hadir dalam film Dark Descent yang tayang pada 2019 lalu.

Film ini mengisahkan perjalanan tim penelitian bawah laut untuk menyelamatkan penambang yang terjebak di dasar lautan. Dalam perjalanannya, tim justru mengungkap misteri yang tersimpan jauh di dalam cekungan Laut Mariana.

Saat misi berjalan, tim menemukan jenis spesies baru yang mengancam nyawa mereka hingga membuat beberapa anggota tim tewas secara misterius.

Will Murdock yang memimpin tim ini mengupayakan segala cara untuk menumpas makhluk tersebut demi timnya dapat mencapai permukaan dengan selamat.

Film bergenre petualangan, misteri dan thriller ini tayang di bawah arahan sutradara Wilfred Schmidt. Kendati jalan cerita yang dibawakan sangat menarik, film ini kurang mendapat sambutan dari pecinta film. Film yang dibintangi Phillip J. Roth dan Janine M. Clark ini meraih skor 25% di Rotten Tomatoes.

[Gambas:Youtube]



(nly/end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK