CERITA DI BALIK LAYAR

Sharon Stone dan Sekelumit Kisah Adegan Panas Basic Instinct

CNN Indonesia | Minggu, 29/11/2020 11:51 WIB
Sharon Stone buka-bukaan soal sedikit rahasia di balik adegan panas film Basic Instinct yang ia perankan 28 tahun silam. Sharon Stone saat membintangi film thriller erotis Basic Instinct, 28 tahun silam. (Foto: IMDB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pecinta film yang tumbuh pada dekade 1990-an mungkin tidak asing dengan film Basic Instinct. Film thriller erotis yang dibintangi Sharon Stone sebagai salah satu pemeran utama bernama Catherine Tramell.

Adegan paling ikonis dalam film itu adalah ketika Tramell diinterogasi oleh sejumlah detektif, salah satunya Nick, soal kasus pembunuhan. Ia membakar sebatang rokok sebelum interogasi dimulai meski sebenarnya dilarang merokok.

Puncak adegan tersebut terjadi setelah interogasi semakin tegang, Tramell menegaskan bahwa ia tidak membunuh seseorang. Ia kemudian mengaku beberapa kali mengkonsumsi obat terlarang jenis kokain dan balik bertanya.


"Pernahkan kamu berhubungan seksual setelah mengkonsumsi kokain, Nick?" kata Tramell sembari membuka silangan kaki sesaat. Sontak sejumlah detektif yang menginterogasinya terdiam memperhatikan Tramell.

Adegan itu memang sudah sangat lama, 28 tahun lalu, tetapi masih diingat sampai sekarang. Dalam wawancara yang diselenggarakan Mola TV, Stone sendiri mengaku bahwa film itu sangat berpengaruh pada kariernya dalam dunia film.

"Saya mengikuti audisi untuk peran itu selama 8 atau 9 bulan. Jadi ketika mendapatkan peran itu, saya sudah sangat bersiap, karena saya sudah membedah naskah film itu ribuan kali dan mengikuti audisi berulang-ulang kali," kenang Stone.

LOS ANGELES, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Sharon Stone walks the red carpet at the Elton John AIDS Foundation Academy Awards Viewing Party on February 09, 2020 in Los Angeles, California.   Tommaso Boddi/Getty Images for IMDb/AFPSharon Stone pernah menjadi ikon seks setelah memerankan karakter utama di film Basic Instinct. (AFP/Tommaso Boddi)

Ia mengingat dengan baik bagaimana cerita di balik layar film Basic Instinct yang sangat hit pada masanya. Secara tidak langsung ia menjelaskan bahwa membuka silangan kaki bukan satu-satunya adegan ikonis.

Seperti adegan ranjang antara Tramell dengan Johnny Boz (Bill Cable). Ketika Boz mulai mendesah sembari memejamkan mata, Tramell mengambil pemecah es yang disembunyikan di balik selimut kemudian menusuknya hingga meninggal.

Seperti yang sudah Stone jelaskan sebelumnya, membaca naskah berulang kali membuatnya ingat berbagai adegan Basic Instinct. Selama persiapan sebelum syuting, naskah selalu letakkan di atas kulkas.

Perempuan kelahiran tahun 1958 ini tidak menjelaskan secara pasti mengapa selalu meletakkan naskah di atas kulkas. Yang pasti peletakan naskah itu selalu membuatnya berpikir panjang ketika hendak mengambil makanan di kulkas.

"Tidak, kamu tidak bisa makan itu, karena bila mendapatkan peran itu kamu harus membuka baju. Jadi, tutup pintu kulkas, ambil naskah, dan berlari di treadmill," kata Stone menirukan perkataan dalam hati saat itu.

Bukan hanya membaca naskah berulang kali, Stone juga melakukan riset mendalam agar bisa tampil maksimal. Ia membaca buku soal pembunuh berantai dan kesehatan mental, salah satunya buku Darkness Visible karya William Styron.

Semua usaha itu berbuah manis ketika Stone mendapat nominasi Best Actress in a Motion Picture - Drama dalam ajang Golden Globe Awards 1993. Dan yang paling penting, kariernya melambung sejak membintangi Basic Instinct.

"Pada hari Jumat orang tidak mengetahui saya, pada hari Selasa saya dikenal secara internasional. Itu merupakan perubahan yang besar dalam kehidupan seseorang. Saya mendapat sedikit ketenaran setelah film Total Recall (1990)," kata Stone.

Ia melanjutkan, "Orang mengenali saya dan berkata 'Oh, kamu perempuan dalam Total Recall'. Itu menyenangkan, kemudian hilang begitu saja. Tidak seperti Basic Instinct, setelah akhir pekan saya dikenal seperti The Beatles."

Belum berhenti sampai di situ, Stone juga menjadi simbol sex setelah tampil dalam film Basic Instinct yang menyajikan beberapa adegan ranjang. Ketika ditanya berapa lama predikat itu melekat pada dirinya, ia menjawab: "Selamanya!" kata Stone kemudian tertawa lepas.

(adp/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK