Pemeran Darth Vader, David Prowse Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Minggu, 29/11/2020 17:53 WIB
David 'Dave' Prowse, aktor pemeran Darth vader meninggal dunia di usia 85 tahun. David Prowse. (AFP/THIERRY ZOCCOLAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor pemeran Darth Vader di serial film Star Wars, David 'Dave' Prowse meninggal dunia di usia 85 tahun pada Sabtu (28/11). Mengutip Variety, Prowse meninggal karena penyakit yang telah dideritanya sejak lama.

"Dengan penyesalan besar dan kesedihan yang menyayat hati bagi kami dan jutaan penggemar di seluruh dunia, kami harus mengumumkan bahwa klien kami, Dave Prowse MBE telah meninggal dunia pada usia 85 tahun," ungkap agensi Prowse, Bowrington Management melalui cuitan di akun Twitter, Minggu (29/11).

Pria kelahiran Inggris 1935 itu, selain menjadi aktor, juga dikenal sebagai atlet.


Ia pernah memenangkan kejuaraan angkat besi Inggris dan mewakili Inggris dalam kategori angkat besi di Commonwealth Games di Brisbane, Australia pada 1962.

Sebagai aktor, namanya melegenda sebagai pemeran Darth Vader. Namun di luar itu ia juga banyak malang melintang memainkan peran lain, seperti Frankenstein di Casino Royale (1967), The Horror of Frankenstein (1970) dan Frankenstein and the Monster from Hell.

Kepiawaiannya berakting mulai dilirik George Lucas, sutradara Star Wars, ketika ia berperan di film A Clockwork Orange (1971) karya Stanley Kubrick. Setelah itu, ia mengikuti audisi untuk memainkan karakter Darth Vader dan Chewbacca.

Prowse pun dipilih untuk memerankan Sith Lord. Namun karena aksennya dianggap tidak cocok, suara dari peran tersebut diisi oleh aktor lain, James Earl Jones.

Hingga rentetan seri film Star Wars lainnya, ia kemudian berlaga dibalik topeng Darth Vader. Mulai dari Star Wars: Episode IV - A New Hope (1977), Star Wars: Episode V - The Empire Strikes Back (1980), dan Star Wars: Episode VI - Return of the Jedi (1983).

Kisah hidup aktor ini juga pernah dimuat dalam sebuah buku memoar berjudul Straight from the Force's Mouth yang diterbitkan 2011 lalu. Dan dalam film dokumenter I Am Your Father (2015).

(fey/ugo)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK