Kreator Ungkap Inspirasi Gim Maut di Alice in Borderland

CNN Indonesia | Kamis, 03/12/2020 12:47 WIB
Sederet permainan maut dihadirkan dalam serial Alice in Borderland, kreator mengungkapkan inspirasi permainan itu. Foto ilustrasi, Cuplikan serial Alice in Borderland. (dok. Netflix)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sederet permainan maut dihadirkan dalam serial Alice in Borderland. Masyarakat Tokyo yang tertinggal terpaksa mengikuti banyak permainan yang mengancam nyawa tiap matahari terbenam.

Ironisnya, permainan itu satu-satunya cara mereka bertahan hidup.

Permainan maut tersebut berkaitan dengan kartu remi. Jenis permainan ditentukan dari jenis kartu yakni Clubs (♣), Diamonds (♦), Spades (♠), atau Hearts (♥). Sedangkan tingkat kesulitan bergantung pada nomor kartu. Penjelasan permainan dalam Alice in Borderland bisa dibaca di sini.


Permainan yang ditampilkan dalam delapan episode serial tersebut sejatinya diadaptasi dari novel grafis karya Haro Aso. Ia mengungkapkan sejatinya kejadian sehari-hari dan kepribadian karakter menjadi inspirasinya dalam menciptakan permainan-permainan mengancam nyawa dalam Alice in Borderland.

"Saya menciptakan kisah in dengan keinginan para karakter bisa berubah melalui permainan. Jadi saya pikir permainan itu menjadi isu dan masalah yang harus dihadapi para karakter," kata Haro Aso.

"Jadi permainan itu dibuat berdasarkan bagaimana keinginan saya mengubah karakter," tuturnya.

Ia mengaku amat terpesona ketika melihat permainan-permainan yang diciptakan diangkat ke layar kaca. Meski tak ada permintaan khusus, sutradara Shinsuke Sato bersama tim efek disebut berhasil menghidupkan permainan maut tersebut.

Haro Aso pun menyebutkan episode di Botanical Garden menjadi permainan yang benar-benar menarik perhatiannya.

"Gim petak umpet di Botanical Garden, banyak sekali informasi yang disampaikan dalam versi live action dan membuatnya benar-benar menarik. Saya sangat senang bisa melihat dunia yang saya buat di manga dengan mata saya sendiri," ucap Haro Aso.

Secara garis besar permainan dalam serial Alice in Borderland sama seperti dalam novel grafis. Berikut daftar permainan yang dilalui para karakter utama seperti Arisu dan Usagi.

Live or Die (3♣)

Permainan di mana para pemain harus berhasil menentukan pintu yang tepat untuk bisa keluar dari gedung dalam waktu amat singkat.

Tag (5♠)

Para pemain harus berhasil menemukan tempat aman (basecamp) di gedung apartemen dalam 20 menit. Mereka harus menemukan tempat tersebut sebelum bertemu dengan sosok yang mengancam nyawa. Apabila gagal, gedung apartemen akan meledak.

Hide and Seek (7❤)

Mengadaptasi permainan petak umpet. Satu orang akan berperan sebagai serigala dan pemain lainnya akan menjadi domba. Para domba harus bersembunyi. Permainan ini berlangsung 15 menit. Pemenangnya ialah orang yang berperan sebagai serigala hingga akhir.

Distance (4♣)

Permainan ini memiliki batas waktu 120 menit. Pemenangnya ditentukan dari pemain yang berhasil tiba di garis akhir (goal).

Light Bulb (4♦)

Permainan ini membutuhkan kecerdasan dan kecepatan berpikir. Para pemain diminta menentukan saklar tepat untuk menyalakan lampu di sebuah ruangan yang dipenuhi air. Apabila gagal, para pemain akan tersengat arus listrik di ruangan tersebut.

Witch Hunt (10❤)

Para pemain diberi waktu 120 menit untuk mencari tahu witch (penyihir) yang telah membunuh satu remaja. Permainan baru akan berakhir apabila Witch dilemparkan ke api penghakiman.

Permainan-permainan serial Alice in Borderland bisa disaksikan 10 Desember di Netflix.

(chri/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK