Disemprot BEI, Raffi Ahmad Klarifikasi soal Saham MCAS

CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 11:09 WIB
Disemprot pihak Bursa Efek Indonesia (BEI), selebritas Raffi Ahmad menegaskan video promosi saham MCAS pada akun Instagram pribadi bukan endorse. Raffi Ahmad klarifikasi soal saham MCAS setelah BEI menegur soal endorse di media sosial. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Disemprot pihak Bursa Efek Indonesia (BEI), selebritas Raffi Ahmad menegaskan video promosi saham MCAS pada akun Instagram pribadi bukan endorse. Pernyataan itu ia sampaikan lewat video yang diunggah di akun Instagram pribadi.

"Ya gua tuh sebenarnya kemarin hanya sharing aja buat kalian. Tapi memang heboh, karena mungkin main saham tuh sekarang lagi in banget guys. Tapi kembali lagi ya, kemarin kan gue cuma cerita pengalaman gue aja," kata Raffi.

"Ini bukan endorse, pengalaman gue aja, gue pertama kali saham di MCAS itu. Ya tapi semuanya kembali lagi jangan karena gue lho, kalau memang kalian mau ya kalian telusuri dulu, kalian pelajari dulu, kalian cek dulu. Kalau kalian percaya, go ahead, silakan," lanjutnya.


"Kalau memang kalian enggak percaya, jangan. Pokoknya jangan karena gue, kalian intinya jaman seperti ini harus pintar-pintar lihat peluang. Itu aja sih guys, sukses buat kita semuanya, pokoknya jangan rebahan aja, lakukan yang terbaik," tutup Raffi.

Selain Raffi, PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), emiten sektor teknologi informasi, juga menegaskan tidak meng-endorse Raffi dan Ari Lasso untuk merekomendasikan saham perseroan di media sosial.

[Gambas:Instagram]

"Perseroan atau grup perseroan tidak melakukan endorsement dengan kedua public figure (Raffi Ahmad dan Ari Lasso) untuk merekomendasikan saham perseroan," tegas Direktur dan Sekretaris Perusahaan MCAS Rachel Stephanie melalui Keterbukaan Informasi di BEI, Selasa (5/1) kemarin.

Sebelumnya, Raffi dan Ari memamerkan telah menanam saham MCAS lewat video yang diunggah pada akun Instagram pribadi. Dua video itu mencuri perhatian netizen, beberapa netizen memperingatkan keputusan mereka main saham.

"Hati hati mas, MCAS perusahaan yang tidak baik kinerjanya,dan ownernya Kresna sedang dituntut triliunan gagal bayar oleh nasabah," tulis netizen di Instagram Raffi Ahmad.

"Yang baru pertama kali invest saham jangan langsung percaya aja ya, dilihat dulu perusahaannya track recordnya, laporan keuangannya, jangan cuma lihat grafiknya aja gaiss, nanti nyangkut malah berabe," tulis netizen di kolom komentar Instagram Ari Lasso.

BEI turut buka suara terkait video promosi Raffi dan Ari. Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menyebut pihaknya akan mengajak kedua pesohor itu untuk berdiskusi.

Meski menyambut baik inisiatif Raffi dan Ari untuk mengajak masyarakat berinvestasi, ia mengingatkan tanggung jawab moral sebagai influencer. Menurutnya ada konsekuensi hukum yang bisa mengadang jika masyarakat yang mengikuti saran mereka kecewa.

"Namun juga perlu mengingatkan mereka akan tanggung jawab moral mereka untuk para follower [pengikutnya] dan kemungkinan potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang bisa dikecewakan," jelas dia kepada wartawan lewat pesan singkat, Selasa (5/1).

(adp/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK