Deret Seleb Gandrungi Saham Selain Raffi Ahmad dan Ari Lasso

CNN Indonesia | Kamis, 07/01/2021 20:39 WIB
Berikut sejumlah selebritas Indonesia yang menggandrungi main saham selain Raffi Ahmad dan Ari Lasso. Ari Lasso pernah mengumumkan di akun media sosial dia sedang menanam saham. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fenomena pesohor merekomendasikan saham kini kembali menjadi tren di Indonesia. Baru-baru ini dua tokoh seleb Indonesia, Raffi Ahmad dan Ari Lasso resmi menanam sebagian besar saham MCAS beberapa waktu lalu.

Keduanya bahkan kompak merekomendasikan saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) lewat unggahan di media sosial.

Bursa Efek Indonesia (BEI) lantas buka suara terkait aksi dua selebritas Indonesia ini yang merekomendasikan saham salah satu emiten kepada pengikut mereka di media sosial. Direktur Perdagangan dan Penilaian Anggota BEI Laksono Widodo para influencer tersebut tentang potensi tuntutan hukum dari para pengikutnya apabila ada yang merasa dikecewakan.


Namun jauh sebelum marak ajakan membeli saham tertentu dari Raffi Ahmad dan Ari Lasso, sudah banyak artis Indonesia yang ikut berinvestasi ke berbagai jenis saham yang diperjualbelikan di pasar modal.

1. Giring Nidji

Giring Ganesha merupakan salah satu dari sederet artis yang cukup lama berinvestasi di pasar modal. Vokalis dari band Nidji ini memahami pentingnya investasi untuk masa depan.

Melansir dari detikcom, Giring mengaku sudah mulai mengenal dunia investasi sejak 2007 karena dorongan ibunya yang mencemaskan masa depannya kelak. Saham menjadi pilihan prioritasnya untuk memanfaatkan dana 'nganggur'.

[19:55, 9/29/2017] CNN Bimo: Vokalis band Nidji, Giring Ganesha usai mengadakan pertemuan dengan pengurus Muhammadiyah bersama pengurus Partai Solidaritas Indonesia di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Jumat (29/9)Giring Nidji mulai bermain saham sejak 2007. (CNN Indonesia/Bimo Wiwoho)

Dia adalah tipikal investor jangka panjang dan menghindari trading jangka pendek.Giring juga terus menambah investasi jangka panjang dalam instrumen saham hingga usia 50 tahun.

Giring punya empat instrumen investasi favorit. Pertama saham, kedua reksa dana, ketiga obligasi surat utang negara, dan keempat deposito.

2. Pandji Pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono saat konferensi pers perihal dukungannya pada gerakan konservasi alam di Restoran Puang Oca, Jakarta, Selasa (13/8). (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)Pandji Pragiwaksono mengaku sudah bermain saham sejak 2011. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)

Komika Pandji Pragiwaksono mengaku sudah bermain saham sejak 2011. Namun, dia mempercayakan uangnya ke perencana keuangan untuk investasi saham.

"Ke financial planner, kalau dia prinsipnya bukan beli jual-beli jual tapi dalam jangka panjang kita punya financial goals apa," ujarnya kepada detikfinance beberapa waktu lalu.

Langkah itu ia ambil karena tidak berani mengatur sendiri portofolio investasinya. Sebab, dia mengaku tidak terlalu menguasai masalah keuangan terlebih perencanaan keuangan.

3. Shandy Aulia

Selain itu, ada juga artis Shandy Aulia yang ikut terjun ke dunia pasar modal. Kepada detikfinance beberapa waktu lalu, ibu satu anak ini mengaku masih baru dalam urusan investasi di saham.

Ia menaruh uangnya pada saham PT MD Pictures Tbk. Bagi Shandy, investasi tersebut merupakan saham pertama yang ia beli.

Peluncuran Ovale Micellar Water di Jakarta, Senin (9/4). Acara ini turut dihadiri oleh Shandy Aulia dan make up artist Natasia AdrinaShandy Aulia mengatakan tertarik masuk saham karena bakal memberikan keuntungan di masa depan. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

"Ini pertama untuk MD Pictures," kata dia seperti yang dikutip dari detikfinance.

Dia mengatakan tertarik masuk saham karena bakal memberikan keuntungan di masa depan. Shandy memberanikan investasi di saham karena mendapat inspirasi dari suami hingga manajernya.

"Ya tim saya, partner saya, manajer saya, suami saya, kenapa nggak," ungkapnya.

Shandy enggan menyebut besarnya uang yang diinvestasikan di saham. Dia pun mengaku tak takut rugi investasi di saham.

4. Dwi Sasono

Dwi SasonoDwi Sasono menyerahkan investasi kepada perencana keuangan. (Detik Photo/ Gus Mun)

Seleb lain yang juga tertarik di dunia investasi adalah aktor Dwi Sasono. Ia menyerahkan investasinya pada perencana keuangan.
Terkait saham, dia mengatakan sudah terjun selama empat tahun.

"Main saham sudah berjalan empat tahun. Ya memang tadinya main reksadana, cuma saya ingin cari kinerjanya lebih kenceng main saham," ujarnya kepada detik finance.

Terkait untung-rugi investasi di saham, Dwi Sasono tidak memaparkan. Baginya yang terpenting dalam investasi adalah mengetahui risiko masing-masing produk.

"Apa dulu tujuannya, kita mau investasi jangka panjang-pendek, lihat juga risikonya," ungkapnya.

5. Raisa

Raisa Andrianadok. YouTube/Raisa6690Raisa Andriana ikut menanamkan saham. (dok. YouTube/Raisa6690)

Tidak hanya piawai mengolah suara, penyanyi Raisa Andriana juga pintar dalam mengelola keuangan pribadinya dengan ikut terjun ke dunia investasi. Ibu satu orang anak ini awalnya sempat ragu untuk berinvestasi.

Namun, setelah mempelajari cara kerjanya, Raisa pun akhirnya memberanikan diri menggelontorkan dananya ke investasi saham. Kini, Raisa telah tercatat sebagai nasabah di PT Mandiri Sekuritas.

(nly/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK