OBITUARI

Mengenang Farida Pasha dan Jejak Peran di Layar Kaca

CNN Indonesia | Minggu, 17/01/2021 12:57 WIB
Farida Pasha yang tutup usia pada Sabtu (16/1) sepanjang karirnya banyak mendapat peran antagonis, salah satu yang paling melekat adalah karakter 'Mak Lampir'. Farida Pasha meninggal karena Covid-19. (Dok. Instagram via detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktris senior, Farida Pasha tutup usia pada Sabtu (16/1) kemarin karena infeksi virus corona (Covid-19). Kabar duka ini pertama kali diketahui dari unggahan sang cucu, Ify Alyssa melalui fitur Story di akun pribadi Instagram pada Minggu (17/1).

"Assalammualaikum wr. wb. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah ibunda/Nenek kami tercinta Hj. Farida Pasha binti Ali Husen pada hari Sabtu, 16 Januari 2021 jam 19.35 WIB," tulis Ify.

Nama Farida Pasha melekat dengan perannya sebagai Mak Lampir dalam sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi.


Tontonan yang kala itu digandrungi sebagian masyarakat tersebut menjadikan perempuan kelahiran 21 Agustus 1952 ini kesohor lantaran kepiawaiannya memerankan karakter 'Mak Lampir'.

Sosok Mak Lampir digambarkan sebagai seorang nenek dengan rambut panjang berwarna putih. Farida Pasha, dengan apik membawakan peran Mak Lampir tersebut dengan suara tawa khas Mak Lampir.

Farida Pasha adalah sosok yang melegenda di jagat hiburan Tanah Air. Sejumlah peran berhasil ia bawakan selama berkarir di industri hiburan Indonesia. Kebanyakan, ia selalu kebagian mendapat peran antagonis.

Dari sederet peran, karakter sebagai sosok Mak Lampir dalam sinetron kolosal Misteri Gunung Merapi adalah yang paling menempel di benak penontonnya.

Serial Misteri Gunung Merapi sendiri pertama tayang pada 7 Februari 1999 di salah satu stasiun TV swasta setiap pekan. Serial tersebut tayang dalam tiga musim hingga 2005 dimana Farida Pasha berhasil memerankan Mak Lampir dalam setiap musimnya.

Selain sosok Mak Lampir, Farida Pasha juga membintangi sejumlah film dan sinetron nasional lainnya.

Nama Farida sendiri mulai mencuat pada 1977, lewat film Guna-guna Istri Muda. Film ini meledak di bioskop Indonesia, hingga kemudian dibuat sekuelnya yakni Pembalasan Guna-Guna Istri Muda pada 1978.

Ia bermain peran dengan pemain film terkenal pada zaman itu yaitu Roy Marten, Rina Hasyim, dan Aedy Moward. Lewat kesuksesan Guna-guna Istri Muda, Farida Pasha dipercaya membintangi sederet film lainnya antara lain, Nenek Gondrong dan Dukun Ilmu Hitam.

Terpisah, Media Relation Ify Alyssa dan keluarga, Delaz Sakti menuturkan jika proses pemakanan Farida Pasha dilakukan dengan protokol pemakanan pasien Covid-19 dengan ketat.

Namun, ia menyatakan, keluarga enggan menyampaikan lokasi pemakaman almarhumah.

"Sudah dimakamkan dan sangat ketat [protokol pemakaman]," jelas Delaz.

(ulf/nma)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK