Sinopsis 76 Days, Kengerian Lawan Covid-19 pada Hari Pertama

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 22/01/2021 09:46 WIB
Berikut sinopsis film dokumenter 76 Days yang menggambarkan kengerian situasi kala tim medis berjuang melawan Covid-19 di masa awal pandemi. Berikut sinopsis film dokumenter 76 Days yang menggambarkan kengerian situasi kala tim medis berjuang melawan Covid-19 di masa awal pandemi. (dok. 76 Days/Esquire China/Ford Foundation - Just Films/XTR Film Society/MTV Studios via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pada 23 Januari 2020, pemerintah China mengunci wilayah alias lockdown kota Wuhan akibat penyebaran virus corona. Momen awal dari pandemi mengerikan itu tergambar dalam film dokumenter 76 Days, berikut sinopsisnya.

Film dokumenter 76 Days mengisahkan situasi sesungguhnya perjuangan tim medis profesional dalam melawan virus SARS-CoV-2 penyebab wabah pneumonia Wuhan.

Pneumonia Wuhan merupakan sebutan untuk wabah tersebut sebelum Badan Kesehatan Dunia (WHO) melabelinya dengan Covid-19 dan ditingkatkan menjadi pandemi.


Kejadian pneumonia Wuhan yang terus meningkat usai penemuan kasus pertama pada Desember 2019 memaksa pemerintah China mengunci wilayah kota berpenduduk 11 juta tersebut dan sekitarnya pada 23 Januari 2020.

Keputusan China tersebut menjadi lockdown pertama di dunia terkait Covid-19 dan baru dilonggarkan pada 22 Maret, atau dua bulan penguncian wilayah.

Kala itu, tim medis Wuhan harus berjuang menangani lonjakan pasien dengan keterbatasan pengetahuan atas penyakit baru tersebut.

Sementara di sisi lain, dunia medis dan pemerintah setempat berusaha mati-matian mencegah angka terus melonjak.

Bukan hanya itu, film dokumenter ini juga menggambarkan dengan gamblang perjuangan pasien-pasien awal Covid-19 dan mereka yang terdampak, dalam usaha bertahan hidup menghadapi penyakit yang menjadi krisis kesehatan terparah di era modern itu.

Dokumenter 76 Days pertama kali debut pada 4 Desember 2020 lalu dan tayang di Toronto International Film Festival 2020 pada 14 September 2020 silam. Dalam festival tersebut, film ini menuai pujian dari para kritikus.

Film ini digarap oleh Hao Wu, Weixi Chen, dan seorang anonimus, ditulis serta disunting oleh Wu, serta gambarnya diambil oleh anonimus serta Chen.

Film dokumenter 76 DaysDokumenter 76 Days pertama kali debut pada 4 Desember 2020 lalu dan tayang di Toronto International Film Festival 2020 pada 14 September 2020 silam.: (dok. 76 Days/Esquire China/Ford Foundation - Just Films/XTR Film Society/MTV Studios via IMDb)

"Kami mengamati petugas rumah sakit, terbungkus APD sehingga kami hanya melihat mata mereka di balik kacamata berkabut, saat mereka berlomba dari satu pasien ke pasien lainnya," tulis Wu dan tim dalam laman TIFF.

"Di pintu rumah sakit, kerumunan orang yang putus asa berteriak-teriak untuk masuk. Pekerja yang kewalahan hanya bisa menerima sedikit orang pada satu waktu," lanjut mereka.

Pada 23 Januari 2021, film 76 Days tayang secara gratis secara streaming dalam rangka setahun sejak dimulainya lockdown pertama akibat Covid-19. Film dokumenter 76 Days bisa dilihat di sini.

"Pandemi Covid-19 telah memengaruhi hampir semua orang di planet ini, baik besar maupun kecil, sejak wabah muncul pertama kali di Wuhan," kata Wu.

"Kami membuat 76 Days untuk menghormati pekerja medis garis depan di seluruh dunia, dan untuk mengingatkan pemirsa di mana pun agar tidak pernah melupakan rasa sakit dan perjuangan pandemi ini." lanjutnya, dikutip dari Variety.

[Gambas:Youtube]



(end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK