Hari Terakhir Menjabat, Trump Beri Pengampunan ke Lil Wayne

CNN Indonesia | Rabu, 20/01/2021 20:30 WIB
Di hari terakhir sebagai presiden AS, Donald Trump memberikan pengampunan bagi sejumlah tahanan, termasuk rapper Lil Wayne yang terjerat kasus senjata ilegal. Di hari terakhir sebagai presiden AS, Donald Trump memberikan pengampunan bagi sejumlah tahanan, termasuk rapper Lil Wayne yang terjerat kasus senjata ilegal. (AFP/Frazer Harrison)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di hari terakhirnya menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, Donald Trump memberikan pengampunan bagi sejumlah tahanan, termasuk rapper Lil Wayne yang terjerat kasus kepemilikan senjata ilegal.

"Presiden Trump memberikan pengampunan penuh bagi Dwayne Michael Carter Jr. yang juga dikenal sebagai Lil Wayne," ujar Sekretaris Gedung Putih, Kayleigh McEnany, sebagaimana dikutip CNN, Rabu (20/1).

Ia kemudian menjelaskan bahwa Lil Wayne sudah mengaku bersalah atas tudingan kepemilikan senjata dan amunisi.


McEnany menyatakan bahwa Trump memberikan pengampunan setelah mendapatkan kepastian dari CEO Sovereign Brands, Brett Berish, bahwa Lil Wayne merupakan orang yang dapat dipercaya dan baik hati.

"Carter menunjukkan kebaikannya melalui komitmennya di berbagai acara amal, termasuk donasi untuk riset rumah sakit dan bank makanan," tutur McEnany.

"Delon Sanders, yang juga menuliskan dukungan untuk pengampunan ini, menyebut Wayne sebagai 'tulang punggung bagi keluarganya, teman bagi banyak orang, pria berkeyakinan, dan pemberi bagi orang yang membutuhkan, pembawa jalan keluar, dan seorang pembawa perubahan.'"

Kabar mengenai pemberian pengampunan Lil Wayne ini sudah berkembang sejak beberapa pekan lalu, ketika Bloomberg mengutip sejumlah orang kepercayaan Trump bahwa sang presiden sudah menyusun daftar orang yang kemungkinan akan mendapatkan remisi.

Dalam daftar tersebut, memang terdapat nama Lil Wayne. Namun, belum ada kepastian lebih jauh setelah itu.

Kasus Lil Wayne sendiri bermula pada Desember 2019, kala ia ditahan atas tuduhan kepemilikan pistol ilegal saat sedang dalam penerbangan dari California menuju Florida menggunakan jet pribadi.

Setelah sejumlah sidang, Wayne akhirnya mengaku bersalah atas tudingan kepemilikan senjata ilegal di pengadilan pada Desember 2020.

Ia dijadwalkan hadir kembali di sidang pada 28 Januari, di mana ia terancam hukuman penjara hingga 10 tahun.

Selama ini, Lil Wayne memang dikenal sebagai satu dari sejumlah selebritas AS yang memberikan dukungannya kepada Trump.

Menjelang pemilihan umum pada 2020 lalu, ia bahkan mengunggah foto dirinya bersama Trump di depan jajaran bendera Amerika.

(has/has)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK