Netizen Puji Penjelasan Ariel NOAH soal Vaksin Covid-19

nly, CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 18:34 WIB
Ariel NOAH mendapat berbagai komentar positif dari warganet usai memberikan penjelasan tentang vaksin Covid-19. Ariel NOAH memberikan penjelasan soal vaksin Covid-19. (Teresia May)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ariel NOAH mendapat berbagai komentar positif dari warganet usai memberikan penjelasan tentang vaksin Covid-19. Warganet menilai penjelasan Ariel sangat jelas dan mudah dipahami.

Hal tersebut disampaikan Ariel saat menjadi bintang tamu komedian Sule dalam salah satu caranya di channel YouTube Sule Channel. Tak hanya membagikan pengalamannya saat mengikuti vaksinasi beberapa saat lalu, Ariel juga ikut menjelaskan cara kerja dan manfaat vaksin Covid-19.

"Saya cerita dikit ya, begitu virus masuk ke dalam badan, dia kan ada proteinnya, nah itu yang diambil sama antibodi, karena ini virus baru jadi antibodi tubuh belum kenal. Kalau misalnya flu sudah kenal, kalau flu mah tinggal diginiin aja, nah karena ini masih baru jadi tidak kenal nah antibodi kita ditipu sama virus itu," kata Ariel kepada Sule.


"Jadi [pas masuk ke tubuh] virusnya berkembang biak jadi banyak, nah kalau misalnya sudah divaksin kan udah tahu duluan, jadi begitu ada virus Corona beneran masuk udah siap, bisa sakit tapi nggak parah jadi kayak kena flu, mungkin ya," lanjut Ariel.

Ariel lalu memaparkan beberapa manfaat yang diterima tubuh usai divaksin Covid-19.

"Jadi sebenarnya yang dicari itu begitu kena Corona badan jadi lebih siap, jadi si virus itu nggak berkembang biak kalau virusnya nggak berkembang biak, insya allah nggak nularin lagi ke orang lain," kata Ariel.

Gif Rekomendasi Drama Korea (Drakor)

Ia juga menegaskan bahwa vaksin Covid-19 memiliki tujuan mulia.

"Jadi ini kita sebenarnya melindungi orang-orang yang nggak bisa divaksin, orang-orang [penderita] TBC, yang punya masalah imunitas, kan mereka nggak bisa divaksin nah begitu kena Corona pasti langsung sakit," lanjut Ariel.

Di akhir penjelasannya Ariel kembali mengingatkan bahwa vaksin ini bisa melindungi diri sendiri di kemudian hari sekaligus melindungi orang lain agar tidak tertular.

Pemahaman Ariel yang dibawakan dengan bahasa yang sederhana dan tidak menggunakan istilah-istilah teknikal akhirnya membuat Sule dan warganet yang menyaksikan langsung paham.

Penjelasan itu turut dibagikan oleh warganet dengan nama akun @barcelonabryan di laman Twitternya.

"Saat Ariel berbicara, Anda cukup mendengarkan," tulis akun tersebut.

Tak kama, kolom komentar video itu juga menuai respons positif dari para netizen.

"Asyik banget Bang Ariel ngejelasinya kayak Pak Dosen aja.... Koroni eh korona..," tulis salah satu netizen.

"Penjelasannya gampang dimengerti," timpal akun lain.

Ariel termasuk dalam daftar penerima vaksinasi perdana Covid-19 buatan Sinovac di Kota Bandung, pada Kamis (14/1). Ariel terpilih sebagai salah satu dari 10 tokoh di Bandung yang mendapatkan suntik vaksin tersebut.


Dalam wawancara bersama CNN Indonesia TV beberapa waktu lalu, vokalis band NOAH ini mengaku tidur pulas usai disuntik vaksin Covid-19.

"Sejauh ini tidak ada [efeknya], kemarin waktu disuntik tidak terasa sakit, terus jam empat sore kemarin baru terasa pegal di tangan, terus tidak ada lagi," kata Ariel kepada CNN Indonesia TV, Jumat (15/1) sore.

Ariel menambahkan bahwa dirinya tidak menerima perlakuan atau perawatan khusus dalam bentuk apapun baik itu dari pemerintah maupun secara pribadi.

"Tidak ada treatment, kebetulan saya susah tidur, tadi malam malah terasa mengantuk banget enggak kayak biasanya, saya tidur pulas saja," kata Ariel.

Dalam kesempatan itu, Ariel juga membagikan cerita saat ditunjuk menjadi salah satu pihak yang pertama kali menerima vaksin Covid-19. Ariel menyatakan bahwa undangan itu datang dari pemerintah Kota Bandung lantaran dirinya terdaftar sebagai warga Bandung.

Ariel juga akan menuruti anjuran dari tim medis yang menyuruhnya untuk tetap melakukan protokol kesehatan seperti tetap di rumah, memakai masker dan lain-lainnya.

Sembari menunggu panggilan vaksin kedua, Ariel mengaku akan terus memberikan perkembangan terkait kondisi kesehatan di akun media sosialnya. Hal itu ia lakukan sebagai bentuk edukasi bagi warga yang masih meragukan keamanan vaksin ini.

"Tujuannya baik sih sebenarnya program ini, jadi harusnya sih [warga] enggak takut, liat gue dulu coba, jadi saya juga update nih apa yang terjadi dan sejauh ini normal-normal saja, enggak terjadi apa-apa, mudah-mudahan yang melihat juga lebih yakin soal vaksin ini," kata Ariel.

(bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK