Kakao M Buka Suara soal Lagu K-pop yang 'Hilang' di Spotify

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 20:30 WIB
Kakao M buka suara terkait masalah lisensi mereka yang membuat sederet lagu K-pop tak tersedia lagi di Spotify. Ilustrasi. (StockSnap/Freestocks.org)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kakao M buka suara seputar masalah lisensi lagu hingga akhirnya sederet lagu K-pop yang mereka distribusikan kini tak tersedia lagi di Spotify.

"Kami sudah meminta untuk memperbarui kontrak global kami, tapi Spotify memberi tahu kami bahwa kontrak global sudah kedaluwarsa," demikian pernyataan Kakao M.

"Di luar perjanjian lisensi global kami yang ada dengan Spotify, Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify terkait kontrak untuk penyediaan musik secara domestik."


Kakao M kemudian menjelaskan lebih detail terkait aturan pembahasan lisensi lagu di Spotiffy.

"Kami telah diberi tahu bahwa kontrak global berakhir 28 Februari. Kami telah meminta perpanjangan kontrak. Namun, Spotify memiliki kebijakan kontrak global dan domestik (Korea) harus dinegosiasikan dalam waktu yang sama," tulis Kakao M.

"Sehingga untuk layanan global saat ini tidak tersedia. Kami masih membahas mengenai distribusi dan pasokan musik."

Pernyataan ini dirilis tak lama setelah Spotify menyatakan bahwa sejumlah lagu K-pop tak bisa lagi dinikmati di layanan streaming mereka mulai 1 Maret ini karena lisensi bersama Kakao M telah berakhir.

"Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M [yang mencakup semua negara selain Korea Selatan] telah berakhir," tulis Spotify.

Dalam keterangan resmi tersebut, Spotify masih memberikan sedikit harapan kepada penggunanya dengan mengatakan berkomitmen membantu pertumbuhan musik Korea secara global. Dengan demikian, kondisi ini diharapkan hanya terjadi sementara.

"Kami berharap gangguan ini bersifat sementara dan bisa segera menyelesaikan situasi tersebut. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang kebijakan dan hak lokal seperti Kakao M untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming."

Kakao M merupakan perusahaan yang turut mendistribusikan musik dari banyak artis K-pop, seperti MAMAMOO, SEVENTEEN, IU, MONSTA X, GFriend, The Boyz, LOONA, Sunmi, (G)I-DLE, BTOB, Apink, P1 Harmony, Dreamcatcher, Epik High, SISTAR, CRAVITY, hingga Cosmic Girls.

(chri/has/has)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK