Penonton Golden Globe 2021 Anjlok 62 Persen dari Tahun Lalu

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 06:48 WIB
Pandemi yang memaksa orang di rumah rupanya tak mampu membuat Golden Globe Awards 2021 mendulang penonton. Pandemi yang memaksa orang di rumah rupanya tak mampu membuat Golden Globe Awards 2021 mendulang penonton. (Neilson Barnard/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi yang memaksa orang di rumah rupanya tak mampu membuat Golden Globe Awards 2021 mendulang penonton.

Berdasarkan data Nielsen, penyelenggaraan ke-78 Golden Globe yang dilakukan dari New York City dan Los Angeles itu hanya mendulang 6,9 juta penonton di saluran televisi NBC dengan rating hanya 2,1 persen.

Capaian itu menjadi catatan terendah dalam sejarah 27 tahun Golden Globe di saluran televisi tersebut. Angka itu juga tercatat turun 62 persen dari perolehan edisi 2020 yang mampu menggaet 18,3 juta penonton dan rating 4,7 persen.


Meski begitu, penurunan tajam penonton Golden Globe ini sejalan dengan penurunan penonton acara penghargaan sebelumnya.

Emmy Awards 2020 yang digelar tahun lalu mencatat penonton terendah dalam sejarah penyelenggaraan penghargaan tersebut. Tahun lalu, Emmy yang disiarkan secara virtual hanya disaksikan 6,1 juta penonton.

Rating Golden Globe 2021 ini menambah panjang catatan buruk Hollywood Foreign Press Association (HFPA) sebagai penyelenggara.

Sebelum Golden Globe 2021 dimulai, sebuah laporan investigasi Los Angeles Times menguak bahwa HFPA melakukan serangkaian pelanggaran etika, termasuk temuan bahwa tak ada anggota HFPA dari kulit hitam yang menyulut isu keberagaman yang biasanya jadi andalan Golden Globe.

Bukan hanya itu, transparansi 87 anggota HFPA juga selama ini menjadi sorotan.

"Malam ini, saat kami merayakan karya seniman dari seluruh dunia, kami menyadari bahwa kami memiliki pekerjaan sendiri yang harus dilakukan," kata Helen Hoehne, anggota HFPA dari Jerman, saat penyiaran Golden Globe 2021.

"Sama seperti di film dan televisi, representasi [kulit] hitam sangat penting. Kita harus memiliki jurnalis kulit hitam di organisasi kita," lanjutnya, dikutip dari EW.

Anggota HFPA dari India, Meher Tatna menambahkan: "Kami juga harus memastikan semua orang dari semua komunitas yang kurang terwakili mendapat tempat di meja kami, dan kami akan mewujudkannya."

Pada Golden Globe 2021, Minggu (28/2), film Nomadland berhasil menjadi Film Terbaik. Sementara itu, mendiang Chadwick Boseman meraih piala Golden Globe pertama dan terakhirnya berkat film Ma Rainey's Black Bottom.

Dalam kategori serial, The Crown menjadi serial terbaik Golden Globe untuk kedua kalinya setelah memenangkan piala di kategori itu pada 2017. Kemenangan The Crown pun dilengkapi pada kategori aktris dan aktor serial terbaik, dan aktris pendukung serial terbaik.

Daftar pemenang Golden Globe 2021 bisa dilihat di sini.

(end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK