Fearless Taylor's Version Nomor 1, Swift Lanjut Rekaman Lagi

Tim, CNN Indonesia | Senin, 19/04/2021 09:46 WIB
Taylor Swift memastikan ia belum akan berhenti meski album Fearless (Taylor's Version) dipastikan menduduki puncak Billboard 200. Taylor Swift memastikan ia belum akan berhenti meski album Fearless (Taylor's Version) dipastikan menduduki puncak Billboard 200. (AFP/Neilson Barnard)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taylor Swift memastikan ia belum akan berhenti rekaman meski album rekam ulang Fearless (Taylor's Version) dipastikan menduduki puncak tangga album populer Amerika Serikat, Billboard 200.

"Berada di studio sepanjang hari merekam yang berikutnya, sungguh menakjubkan apa yang kalian semua lakukan di sini," kata Swift dalam kicauan ulang berita Fearless (Taylor's Version) debut di nomor satu Billboard 200, Minggu (18/4) waktu AS.

Swift sendiri tidak merinci karya apa yang sedang ia rekam. Meski begitu, sebagian penggemar berspekulasi bahwa ia tengah mempersiapkan re-recording dari album kelimanya, 1989, yang diduga rilis Mei atau Juni 2021.


Akan tetapi, sejumlah penggemar juga berspekulasi bahwa Swift mempersiapkan album kesepuluhnya setelah merilis evermore sebagai kejutan kedua usai folklore pada 2020 lalu.



Sementara itu, Billboard melaporkan album rekam ulang dari Fearless yang rilis pada 2008 itu terjual sebanyak 291 ribu unit setara album di Amerika Serikat di pekan per 15 April.

Capaian itu terjadi 12 tahun setelah versi lawas juga menjadi nomor satu di Billboard 200. Fearless (2008) juga debut di nomor satu Billboard 200 pada 29 November 2008 dan bertahan selama 11 pekan di posisi itu.

Billboard mencatat perolehan Fearless (Taylor's Version) ini adalah pertama kali dalam sejarah Billboard 200, sebuah album re-recording mampu menjadi nomor satu di tangga album itu.

Billboard 200 merupakan tangga album populer pekanan di Amerika Serikat yang dihitung melalui pencatatan konsumsi multi-parameter yang disebut unit setara album (equivalent album units).

Unit dalam penghitungan itu terdiri dari penjualan album (fisik), album setara lagu (track equivalent albums/TEA), dan album setara streaming (streaming equivalent albums/SEA).

Setiap unit setara dengan 1 album fisik terjual, atau 10 lagu individu yang terjual dari sebuah album, atau 3.750 kali streaming lagu/video yang didukung iklan (pengguna gratis), atau 1.250 kali streaming dari lagu/video dari pengguna berbayar, yang berasal dari sebuah album.

Pada Fearless (Taylor's Version), sebanyak 291 ribu unit setara album terdiri dari 179 ribu unit album terjual, unit SEA sebesar 109 ribu yang setara dengan 142,98 juta stream album tersebut di platform on-demand, dan unit TEA sebesar 3 ribu.

Fearless (Taylor's Version) juga menjadi album Swift kesembilan yang mencapai nomor satu di Billboard 200, setara dengan Madonna yang menjadi musisi perempuan kedua dengan album nomor satu terbanyak.

Posisi pertama di kategori musisi perempuan masih dipegang oleh Barbra Streisand dengan 11 album, sedangkan secara umum Jay-Z memimpin dengan 14 album.

Billboard juga mencatat, Fearless (Taylor's Version) ini menjadi penjualan album fisik terbesar pada 2021, melewati Dangerous milik Wallen dengan 74 ribu. Fearless (Taylor's Version) juga memiliki pekan penjualan album terbesar sejak perilisan evermore (2020) milik Swift.

(end)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK