Manajemen Buka Suara Soal Wacana BTS Wamil Bareng 2022

chri, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 21:00 WIB
Big Hit Music, selaku manajemen boyband BTS buka suara perihal wacana dan prediksi 7 member BTS akan pergi Wamil bersama tahun 2022. Big Hit Music, selaku manajemen boyband BTS buka suara perihal wacana dan prediksi 7 member BTS akan pergi Wamil bersama tahun 2022. (Foto: (dok. Big Hit Entertainment))
Jakarta, CNN Indonesia --

Big Hit Music buka suara mengenai rencana wajib militer para member BTS. Sebelumnya, rumor beredar bahwa para member akan melaksanakan wajib milter bersamaan.

Sebuah lembaga analisis keuangan Leading Investment and Securities menyebut bahwa ketujuh member BTS akan langsung menjalani wajib militer bersama pada pertengahan 2022.

Big Hit Music tak bisa berkomentar banyak mengenai hal tersebut. Mereka mohon pengertian dari para fans atas belum jelasnya kabar tersebut.


"Kami tidak bisa memberikan komentar mengenai jadwal wajib militer selain yang sudah pernah disampaikan member sebelumnya. Kami mohon pengertiannya," kata Big Hit Music seperti dilansir Tenasia.

Sebelumnya, Jin sebagai member tertua BTS pernah memberikan komentar terkait wajib militer. Musisi bernama lengkap Kim Seok-jin itu menyatakan siap menjalani wajib militer kapan saja negara memanggil.

"Sebagai warga Korea Selatan, wajib militer merupakan hal biasa. Jika negara memanggil saya untuk wajib militer, saya akan meresponsnya kapan saja," kata Jin saat konferensi pers perilisan album BE pada 2020.

Terpisah, Yoo Seong-man, analis Leading Investment and Securities, meyakini ketujuh member BTS akan menjalani wajib militer bersama pada pertengahan 2022.

Beberapa hal menjadi dasar perkiraan dan analisis tersebut, salah satunya adalah album baru yang tengah dipersiapkan BTS. Menurutnya, album tersebut akan membuat BTS 'berpisah' dari penggemar atau yang akrab disapa dengan ARMY hanya menjadi satu tahun.

"Konten praproduksi seperti album sebelum pendaftaran wajib militer membuat hanya akan ada jeda kira-kira satu tahun (tanpa konten BTS," kata Yoo Seong-man seperti dilansir XportsNews.

"BTS berada di level bintang dunia seperti Michael Jackson atau The Beatles. Sehingga mereka dapat terus menghasilkan hit dan untung bahkan setelah bertugas di militer."

Tak hanya itu, Yoo Seong-man juga meyakini HYBE memiliki artis-artis papan atas yang bisa 'mengisi kekosongan' ketika BTS menjalani wajib militer. Ia turut menyinggung kolaborasi yang disepakati HYBE bersama Ithaca Records beberapa waktu lalu.

Ia juga menyoroti rencana yang pernah diumumkan HYBE, bersama anak-anak perusahaan, mereka akan mendebutkan lima grup idol baru baik perempuan dan laki-laki.

Terpisah, Parlemen Korea Selatan meloloskan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang memungkinkan artis budaya pop menunda tugas wajib militer mereka pada Desember 2020.

Keputusan itu diambil melalui sidang pleno dengan menyetujui revisi Undang-Undang Dinas Militer sehingga artis pop terkenal, seperti BTS, menangguhkan wajib militer karena telah membantu meningkatkan reputasi global negara.

Kebijakan ini bisa membuat Jin selaku member tertua BTS bisa menunda wajib militer hingga 2022.

(chri/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK