Anang Usai Uji Vaksin Nusantara: Enggak Ada Gejala Aneh-aneh

tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/04/2021 08:30 WIB
Keluarga Anang Hermansyah dipercaya menjadi relawan uji klinis Vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Anang Hermansyah jadi salah satu relawan uji klinis Vaksin Nusantara (Foto: Teresia May)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi Anang Hermansyah mengaku tidak merasakan gejala yang aneh usai menjadi relawan uji klinis Vaksin Nusantara beberapa waktu lalu.

Tak sendiri, ia mengajak istri dan anaknya untuk menjadi relawan uji klinis vaksin tersebut. Setelah beberapa hari berlalu, ia mengaku tak merasakan gejala yang berarti.

"Aku enggak apa-apa tuh, sudah dua hari, eh tiga hari ya. Enggak ada apa-apa. Enggak ada gejala aneh-aneh," ujar Anang melalui sambungan telepon, Rabu (28/4).


Sang istri, Ashanty pun menyampaikan rasa terima kasihnya pada dokter Terawan Agus Putranto karena telah memberi kesempatan ia dan keluarga jalani uji klinis vaksin tersebut.

"Terima kasih Dr Terawan sudah memberi kesempatan buat kita, khususnya aku yg punya autoimmune jadi harus ekstra cari yg aman," tulis Ashanty di Instagram.

Pada unggahan tersebut, Ashanty, Anang, dan Azriel berpose bersama mantan Menteri Kesehatan RI tersebut.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, Anang dan Ashanty juga sempat menyumbangkan sampel darah untuk penelitian Vaksin Nusantara, Jumat (16/4).

Saat itu, ia juga ditemani sejumlah tokoh seperti Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari, Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad dan sejumlah anggota DPR.

Sementara itu, Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menyatakan pemerintah tak bertanggung jawab apabila muncul Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada penelitian vaksin Nusantara atau yang kini disebut sel dendritik.

Ia menyebut efek samping dalam penelitian vaksin yang digagas mantan menteri kesehatan Terawan Agus Putranto itu sepenuhnya ditanggung RSPAD Gatot Soebroto dan juga para relawan.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

(tim/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK