Jejak Langkah HYBE Tuntun BTS Tembus Pasar Dunia

tim | CNN Indonesia
Jumat, 30 Apr 2021 16:00 WIB
Kesuksesan BTS di industri musik tak lepas dari sepak terjang agensi Big Hit Entertainment yang kini berkembang menjadi HYBE. Idol Group BTS (Foto: (dok. Big Hit Entertainment via YouTube))
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesuksesan idol group Bangtan Sonyeondan atau BTS hari ini tidak didapat dengan sekejap mata, tak hadir dalam waktu semalam saja. Mereka juga lalui jalan yang berliku.

Pencapaian demi pencapaian RM dan kawan-kawan tak lepas dari peran agensi yang menaungi, Big Hit Entertainment yang kini juga berkembang menjadi HYBE.

Big Hit Entertainment sebagai cikal-bakal HYBE pun memulai perjalanan di industri hiburan Korea Selatan dengan susah payah, menjawab ekspektasi pasar yang tengah berkembang.


HYBE, yang kala itu masih dikenal sebagai Big Hit Entertainment lahir pada Februari 2005. Pada masa itu, SM Entertainment tengah merajai industri, dengan membangun Super Junior.

Dua grup asuhan SM Entertainment, Super Junior dan SNSD (Girls Generation) merajai pasar di tahun-tahun tersebut, sedangkan Big Hit baru memulai segalanya dari nol.

Di tahun yang sama, JYP juga sedang mempromosikan beberapa arti seperti Park Ji-yoon, Byul, Ivy, dan menyiapkan girl group pertamanya, Wonder Girls.

Sedangkan YG Entertainment juga sibuk mempromosikan Se7en, sekaligus menyiapkan boyband pertamanya, Big Bang.

Berawal dari JYP Entertainment yang Terbelah

Lahirnya Big Hit Entertainment pun tak lepas dari agensi lainnya yang kala itu telah eksis, JYP Entertainment. Kala itu, Bang Si-hyuk yang kini CEO Big Hit Entertainment bergabung dengan menjadi produser saat JY Park membentuk JYP Entertainment.

Keduanya membuat banyak musik, seperti Bad Guy (Rain), Friday Night (g.o.d), Like Being Shot by a Bullet serta My Ear's Candy (Baek Ji-young), serta Never Let You Go (2AM).

Bang Si-hyuk, founder of K-pop management agency Big Hit Entertainment who manage K-pop sensation BTS, speaks during the company's initial public offering ceremony at the Korea Exchange in Seoul on October 15, 2020. (Photo by SeongJoon Cho / POOL / AFP)Bang Si-hyuk adalah cikal-bakal terbentuknya HYBE saat ini. (Foto: (AFP/SEONGJOON CHO))

Banyak perselisihan yang timbul di antara mereka berdua ketika sama-sama sibuk mengorbitkan para artis JYP. Tak lama, tepatnya pada 2005, Bang Si-hyuk memutuskan keluar dari JYP Entertainment dan mendirikan Big Hit Entertainment.

Meski terbelah secara bisnis, namun sejalannya waktu persahabatan Bang Si-hyuk dan JY Park tak terputus. Tahun 2010, Big Hit Entertainment dan JYP Entertainment menandatangani kontrak manajemen bersama atas idol group 2AM.

BTS dan Awal Kejayaan Big Hit Entertainment

Di tahun yang sama, Bang Si-hyuk menggelar audisi besar-besaran dan menemukan Rap Monster (RM) yang menjadi cikal-bakal grup BTS. Formasi berkembang hingga akhirnya BTS debut di tahun 2013.

Mimpi Bang Si-hyuk membesarkan nama BTS di tengah dominasi sejumlah idol group yang sudah ada kerap dipandang sebelah mata. Apalagi, Big Hit Entertainment (cikal-bakal HYBE) kala itu belum pernah sukses mengorbitkan artis.

Dalam sebuah pidato di Universitas Nasional Seoul 2019 lalu, Bang Si-hyuk pernah menyatakan bahwa kemarahan dalam dirinya atas pandangan miring orang-orang menjadi kekuatannya membesarkan BTS.

BTS BangtaBTS di awal kariernya. (Foto: Dok. Wikimedia/Russavia (CC BY-SA 2.0))

BTS debut dengan merilis video No More Dream, di sana terlihat warna musik BTS masih gelap dan pekat dengan unsur Hip-hop. Kala itu, BTS tidak begitu diperhitungkan.

Namun, nyatanya BTS terpilih menjadi New Artist of the Year di ajang MelOn Music Awards. Lalu, lagu I Need U meledak di pasaran tahun 2015, dan nama BTS semakin melejit.

Kejayaan BTS dilanjutkan dengan kesuksesan sederet lagu mereka di pasaran, seperti DNA, Fake Love, Boy with Luv, dan yang terbaru Dynamite.

Lagu Dynamite yang dinyanyikan dengan bahasa Inggris rupanya membawa BTS diperhitungkan secara global. Big Hit Entertainment lalu berhasil membawa BTS tampil di sejumlah acara televisi Amerika Serikat.

HYBE dan BTS Bawa Nama Harum K-Pop ke Grammy Awards

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER