Kronologi Naif Bubar, Wacana Sejak Tahun 2019

tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 08:00 WIB
Bubarnya grup band Naif rupanya telah diwacanakan sejak tahun 2019. Hal tersebut diakui sang vokalis David Bayu melalui keterangan resminya. David Bayu bersama band Naif (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Satu per satu personel grup band Naif akhirnya menjawab spekulasi publik terkait nasib band tersebut. Akhirnya, kata 'bubar' keluar dari mulut sang vokalis, David Bayu, Senin (10/5).

Naif dinyatakan bubar jalan usai 25 tahun bersama, berkarier di industri musik Tanah Air. Kronologi Naif Bubar sedikit banyak dijelaskan oleh David Bayu melalui akun Youtube-nya, berikut ringkasannya:

Wacana Bubar Sejak Tahun 2019

David Bayu selalu vokalis mengaku sempat mewacanakan bubarnya Naif sebelum pandemi Covid-19, yaitu tepatnya di tahun 2019. Wacana dilontarkan David ketika band mengadakan pertemuan di kediaman Emil, sang pemain bass.


"(Kalau) salah satu personel mati, atau berhalangan, memang tidak bisa menjalankan, udah selesai, gue pernah punya wacana saat meeting di rumah Emil tahun 2019," tutur David di akun Youtube pribadi, Senin (10/5).

David menjelaskan bahwa saat itu ia menganggap keberadaan Naif tidak bisa lagi dipaksakan jika ada setidaknya satu personel yang hengkang.

Rencana Bubar Tepat di Usia 25

Di kesempatan yang sama, David menjelaskan bahwa dirinya sebetulnya mengusulkan Naif untuk mengumumkan bubar tepat di hari ulang tahun Naif ke-25 Oktober 2020 lalu.

"25 tahun bagi gue pribadi, kalau memang sudah cukup waktunya untuk kita selesai di Naif, pas gitu rasanya, gua ngerasa 25 tahun itu batas cukup enak untuk yuk kita ngomong bareng-bareng untuk enggak bisa berkarya di dalam Naif-nya lagi" ujar David.

Namun, ia menyebut beberapa personel termasuk Emil menolak usulannya, dan meminta band berkomitmen untuk 'diam', tanpa harus masyarakat luas tahu.

Penampilan grup band Naif dalam konser Joyland. Jakarta, Minggu, 9 Desember 2019. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.Penampilan grup band Naif dalam konser Joyland. Jakarta, 2019. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono.

7 Mei 2021: Emil dan Pepeng Nyatakan Hengkang

Isu bubarnya Naif dipicu pernyataan pemain bass, Emil Hussein kepada publik bahwa dirinya telah keluar dari band sejak 2020 lalu. Ia menyatakan hal tersebut kepada sejumlah media, termasuk CNNINdonesia.com.

"Iya. Benar (sudah keluar dari Naif)," kata Emil kepada CNNIndonesia.com melalui pesan di Instagram.

Pengakuan hengkang disusul pemain drum, Franki Indrasmoro alias Pepeng. Ketika ditanya, ia membenarkan rumor hengkang yang berawal disampaikan Emil.

"Seperti yang Emil bilang, memang benar (sudah keluar dari Naif)," ujar Pepeng melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Jumat (7/5).

Baik Emil maupun Pepeng mengaku resmi keluar dari band yang mempopulerkan tembang Benci untuk Mencinta tersebut sejak September 2020, sebulan sebelum perayaan ulang tahun band ke-25.

Cuitan Wendi Putranto

Pertanyaan publik terkait nasib band Naif mulai terjawab ketika bekas wartawan musik sekaligus rekan para personel Naif, Wendi Putranto menyatakan Naif bubar melalui media sosial Twitter.

Wendi menyebut bahwa vokalis Naif, David Bayu kepada dirinya memastikan bahwa Naif telah resmi bubar. Hal tersebut ia sampaikan usai berbincang dengan David di kawasan MBloc Space, Jakarta.

"Nanti saja wawancaranya kalo video pernyataan resmi dari David sudah keluar ya, gak lama lagi kok. Di akun David Bayu Tube nanti," ujar Wendi ketika dikonfirmasi oleh CNNIndonesia.com, Senin (10/5).

Proyek Para Personel Setelah Naif

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK