Sehun EXO Tegur Sasaeng yang Menelepon 100 Kali Sehari

chri, CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 15:50 WIB
Salah satu member boyband EXO, Sehun dalam sebuah siaran langsung menegur seorang sasaeng atau penggemar yang menghubunginya 100 kali dalam sehari. Salah satu member boyband EXO, Sehun dalam sebuah siaran langsung menegur seorang sasaeng atau penggemar yang menghubunginya 100 kali dalam sehari. (Foto: CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sehun EXO mengungkapkan mendapat 100 kali panggilan dari sasaeng dalam satu hari. Hal tersebut ia sampaikan saat siaran langsung melalui akun Instagramnya pada Senin (10/5). Sementara itu, sasaeng merupakan fan yang terobsesi privasi idola.

Awalnya, Sehun melakukan siaran langsung melalui Instagramnya dan membagikan kabar terbaru dari para member EXO yang kini menjalani wajib militer, seperti Chanyeol dan Baekhyun yang disebut dalam kondisi baik.

Namun, member termuda EXO ini ternyata mendapat panggilan telepon dari sasaeng saat siaran langsung. Hal itu langsung ia sampaikan kepada penggemar dan penonton siaran langsungnya.


"Tolong jangan hubungi saya. Saya benar-benar mendapat 100 kali panggilan dalam satu hari. Saya sengaja tidak mengganti nomor ini karena saya akan tetap mendapat panggilan tersebut walau sudah ganti nomor," kata Sehun.

"Itu malah akan lebih mengganggu. Jadi saya sengaja tidak menggantinya," tuturnya.

Ini adalah satu dari kesekian kalinya EXO mengeluhkan tingkah laku sasaeng. Pada 2014, Sehun bahkan sempat menuliskan peringatan bagi sasaeng di Instagramnya.

"Ini yang pertama dan terakhir kalinya saya mengatakan ini. Kenapa saya mendapatkan banyak sekali pesan dalam satu hari bahkan ketika saya sedang tidak ngapa-ngapain?" tulis Sehun.

"Pesan berisikan nomor otorisasi, pengubahan kata sandi, masuk dengan alamat IP yang berbeda."

"Jika Anda melanjutkan perilaku konyol ini, saya tidak akan tinggal diam," tulis musisi bernama lengkap Oh Sehun ini.

Sebelumnya, sejumlah bintang seperti girlband TWICE serta boyband GOT7 pun pernah mengalami teror dari para sasaeng. Sebagaimana dilansir Somagnews, sasaeng yang diucapkan sebagai 'sa-seng' berarti kehidupan pribadi dalam bahasa Korea.

Para fan sasaeng diartikan sebagai sekelompok penggemar dari berbagai grup K-pop yang mencari informasi dari artis favorit mereka untuk lebih dekat dengannya, tetapi sampai taraf tertentu, bisa membahayakan nyawa selebriti.

Para sasaeng berdedikasi untuk mengganggu dan menyerang ruang pribadi rapper dan penyanyi K-pop. Mereka berupaya mendapatkan data idola seperti nomor ponsel, email pribadi, dan alamat untuk mengetahui semua yang mereka lakukan.

Bahkan, beberapa di antaranya nekat berkemah di depan gedung agensi para bintang untuk mengambil gambar idola.

Dalam kegiatan di luar negeri, penggemar sasaeng pun nekat mendapatkan tiket agar satu pesawat dengan sang idola dan diam-diam mengambil foto tanpa izin.

Menurut keterangan, sebagian penggemar yang terobsesi ini putus sekolah dan kemudian bekerja untuk membayar biaya demi bisa mengikuti idola favorit mereka.

Beberapa lainnya rela mencari pekerjaan di perusahaan hiburan Korea untuk lebih dekat dengan sang idola lalu menjual informasi kepada sasaeng lain. Namun, ada pula yang menggunakan biaya sendiri. Umumnya mereka yang berasal dari keluarga kaya.

Di kalangan sasaeng, ada orang yang disebut sebagai Homemaster, yakni fan yang sangat aktif dalam fandom dan memiliki banyak informasi pribadi tentang idola.

Informasi biasanya terdiri dari kegiatan idola, penerbangan yang akan digunakan, jalur yang dilalui, hingga penampilan dan proyek terbaru. Para Homemaster ini menghasilkan uang dengan menjual data tersebut ke para sasaeng.

Cara lain sasaeng mendekati idola adalah dengan berbagi informasi. Artinya, jika seseorang memiliki nomor telepon idola, mereka dapat menukarnya untuk informasi lain.

Selain Homemaster, ada pula istilah Taxi Sasaeng, yakni supir taksi yang memberikan jasanya kepada para penggemar sasaeng. Para sopir ini mencoba mengikuti kendaraan idola untuk mengetahui ke mana tujuan mereka dan dengan siapa mereka pergi.

(chri/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK