Rusia Akan Kirim Kru untuk Garap Film Pertama di Luar Angkasa

CNN Indonesia | Jumat, 14/05/2021 04:40 WIB
Badan antariksa Rusia akan mengirimkan seorang aktris dan sutradara ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk membuat film pertama di luar angkasa. Ilustrasi. (Screenshot via Google Maps Street View)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan antariksa Rusia, Roscosmos, akan mengirimkan seorang aktris dan sutradara ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Oktober mendatang untuk membuat film pertama di luar angkasa.

"Proses syuting akan berlangsung di ISS. Ekspedisi dijadwalkan dimulai pada 5 Oktober 2021 dari Bandar Antariksa Baiknour menggunakan pesawat luar angkasa Soyuz MS-19," demikian pernyataan Roscosmos yang dikutip AFP, Kamis (13/5).

Roscosmos kemudian menjelaskan bahwa aktris yang akan mereka kirim, Yulia Peresild, dan sang sutradara, Klim Shipenko, akan mengikuti pelatihan khusus terlebih dulu sebelum berangkat ke luar angkasa.


Pelatihan yang mencakup tes mengenai gaya sentrifugal, penerbangan, dan nol gravitasi itu akan dimulai paling lambat pada 1 Juni mendatang.

Persiapan tersebut akan diabadikan dan disiarkan oleh stasiun televisi utama Rusia, Channel One. Selain itu, Channel One juga akan berpartisipasi dalam pembuatan film tersebut.

Bertajuk Challenge, film itu mengusung genre drama luar angkasa. Namun, Roscosmos tak menjelaskan lebih lanjut mengenai film tersebut.

Menurut Roscosmos, film itu bertujuan untuk "memopulerkan aktivitas luar angkasa Rusia, juga mengglorifikasi profesi kosmonaut."

Film itu pun akan diproduseri langsung oleh kepala badan antariksa Rusia, Dmitry Rogozin. Ia berambisi menjadikan Rusia sebagai negara pertama yang memproduksi film di luar angkasa.

Tahun lalu, badan antariksa Amerika Serikat, NASA, juga mengonfirmasi bahwa mereka akan bekerja sama dengan Tom Cruise untuk membuat film Hollywood pertama di luar angkasa. Namun, belum ada kejelasan lebih lanjut mengenai proyek itu.

(has/has)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK