Korsel Longgarkan Pembatasan Sosial Konser Musik

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 19:10 WIB
Pemerintah Korea Selatan resmi memulai pelonggaran pembatasan sosial terhadap acara kebudayaan seperti konser musik dan kegiatan olahraga hari ini (14/6). Foto ilustrasi konser musik di Barcelona. (AP/Emilio Morenatti)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Korea Selatan resmi memulai pelonggaran pembatasan sosial terhadap acara kebudayaan seperti konser musik dan kegiatan olahraga hari ini (14/6).

Sebagaimana dilansir Reuters, hal itu diterapkan setelah pejabat bidang kesehatan mengumumkan pelonggaran pembatasan sosial pada Jumat (11/6) kemarin. Keputusan ini diambil setelah kasus positif harian menurun.

Pertunjukan budaya dan konser musik K-Pop diizinkan berlangsung dengan kapasitas maksimal 4.000 penonton. Angka itu tersebut meningkat drastis dari pembatasan sebelumnya dengan kapasitas di bawah 100 penonton.


Kemudian kegiatan olahraga diperbolehkan beroperasi dengan kapasitas 30-50 persen dari kapasitas maksimal tempat olahraga. Angka tersebut naik 10 persen dari pembatasan sosial sebelumnya.

Selain itu, pemerintah akan melonggarkan kewajiban karantina bagi pendatang dari luar negeri yang sudah divaksinasi. Mulai 1 Juli, pendatang bisa mengajukan pengecualian karantina untuk tujuan bisnis, akademis, atau kepentingan umum.

Agen perjalanan Korea Selatan juga sedang mempersiapkan paket perjalanan baru setelah pengumuman tersebut. Mereka juga ingin mengamankan gelembung perjalanan dengan sejumlah negara seperti Singapura dan Thailand.

Direktur Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Jeong Eun-kyeong mengatakan Korea Selatan telah memberikan dosis pertama pada 11,8 juta orang atau 23 persen dari populasi negara ginseng itu.

Berdasarkan data Reuters, pencapaian itu masih di bawah negara maju seperti Inggris yang sudah mencapai 61 persen populasi. Namun, lebih tinggi 12 persen ketimbang Jepang.

(Reuters/bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK