Butter BTS Samai Prestasi Dynamite di Billboard Hot 100

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 15/06/2021 08:40 WIB
Lagu baru BTS, Butter, berhasil menyamai prestasi Dynamite menguasai tangga lagu Billboard Hot 100 selama tiga pekan. Lagu baru BTS, Butter, berhasil menyamai prestasi Dynamite menguasai tangga lagu Billboard Hot 100 selama tiga pekan. (Tangkapan Layar Twitter/@BIGHIT_MUSIC)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lagu Butter dari BTS kini mulai menyamai capaian Dynamite. Single teranyar dari boyband Korea Selatan tersebut kembali menduduki puncak Billboard Hot 100 untuk ketiga kalinya.

Dilaporkan Billboard, Senin (14/6) waktu Amerika Serikat, Butter masih bertahan di puncak tangga lagu populer Amerika Serikat tersebut setelah dua pekan debut di posisi yang sama.

Tangga lagu Billboard Hot 100 memadukan streaming seluruh genre di Amerika Serikat baik audio maupun video orisinal, putaran di radio, dan data penjualan.


Pada pekan ini, lagu yang dirilis pada 21 Mei tersebut tercatat menarik 15,4 juta streaming di Amerika Serikat, turun 19 persen dari sebelumnya. Selain itu, Butter terjual 138.400 unduhan, turun satu persen.

MRC Data mencatat, lagu tersebut menarik 24,6 juta pemirsa siaran radio. Angka itu naik 10 persen pada pekan hingga 13 Juni.

Lagu itu juga mencatatkan minggu ketiga di tangga lagu Digital Song Sales, turun dari nomor 10 ke 19 di tangga Streaming Songs, dan naik dari 32 ke 28 di tangga Radio Songs.

Billboard menyebut Butter menyamai perolehan single sukses BTS sebelumnya, Dynamite, di tangga lagu Billboard Hot 100. Dynamite tercatat menghabiskan dua pekan pertama di posisi nomor satu pada September 2020, kemudian kembali ke posisi puncak pada Oktober.

Sedangkan Butter, capaian nomor wahid kali ini merupakan perolehan tiga pekan berturut-turut. Sekaligus, menjadi prestasi pertama BTS menguasai Billboard Hot 100 selama tiga pekan berturut-turut.

Sementara itu, lagu Good 4 U dari Olivia Rodrigo berada di posisi ke-dua di Billboard Hot 100, tiga pekan setelah debut di nomor satu.

Lagu tersebut telah menghabiskan empat minggu di puncak Streaming Songs dengan 42,1 juta, turun 15 persen; turun dari nomor tiga ke lima di Digital Song Sales; dan loncat dari nomor 35 ke 21 di Radio Songs.

Billboard menyebut Butter dan Good 4 U menandai set lagu pertama yang menempati peringkat nomor satu dan dua, masing-masing, di Hot 100 untuk tiga pekan berturut-turut pada 2021.

Situasi ini adalah yang terbesar sejak lagu The Box dari Roddy Ricchh dan Life Is Good dari Drake, berbaris di posisi nomor satu dan dua selama delapan minggu berturut-turut pada Januari-Maret 2020.

[Gambas:Youtube]



Butter merupakan single berbahasa Inggris kedua dari BTS setelah Dynamite. Butter mengusung tema lagu dance pop yang menonjolkan perpaduan suara bass serta synth yang menawan.

Lagu tersebut ditulis RM bersama sejumlah musisi dan produser musik lainnya seperti Alex Bilowitz, Jenna Andrews, Rob Grimaldi, Ron Perry, Sebastian Garcia, dan Stephen Kirk.

"Kami sebenarnya tidak pernah menyangka akan merilis single baru. Tapi pandemi masih terjadi dan kami pikir perlu untuk merilis lagu summer baru dan Butter sangat cocok untuk itu. Sekarang kami di sini," kata RM kepada Apple Music seperti dilansir Variety.

(end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK